RSS

PANTAI BARON, KUKUP, KRAKAL

03 Jun


Yogyakarta selama ini sudah terkenal sebagai tempat yang kaya akan tradisi budaya serta banyak menyimpan peninggalan sejarah. Keberadaan keraton Yogyakarta sebagai salah satu peninggalan sejarah dan budaya sangat kental mewarnai denyut nadi kehidupan masyarakat kota gudeg ini. Belum lagi penduduknya yang terkenal sangat memegang tradisi budaya leluhur serta mempunyai sikap yang ramah tamah melengkapi daya tarik kota ini. Tidaklah aneh jika banyak sekali para turis dan wisatawan yang berbondong bondong mengunjungi kota ini.

Namun selain keunikan sejarah budaya, yogyakarta juga dikaruniai keindahan alam yang sangat memukau. Bentangan pantai selatan yang berbatasan dengan Samudera Indonesia memiliki pemandangan yang sangat indah. Disebelah selatan kabupaten Gunung Kidul terletak pantai Kukup, Pantai Baron, Pantai Krakal yang terkenal akan keindahannya.

Rute perjalanan :

Jika dengan kendaraan pribadi dari Jakarta kearah Yogyakarta bisa mengambil jalur selatan melewati jalan tol Jakarta Bandung keluar Cileunyi menuju kota Tasik Malaya, lanjutkan kearah Banjar, kemudian Majenang, Wangon, Gombong Purworejo, Yogyakarta. Dari Yogyakarta Menuju ke Wonosari kemudian dilanjutkan kearah Baron, atau Kukup, kedua lokasi tersebut berdekatan. Jarak tempuh normal sekitar 20 jam.

Kendaraan Umum : Dari Jakarta ke Yogya menggunakan pesawat, kereta api atau bis. Dari kota yogyakarta perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan bis ke Wonosari. Dari terminal Bis Wonosari dilanjutkan dengan angkutan umum atau dapat juga mencarter kendaraan menuju ke lokasi tersebut.

Akomodasi : sayangnya hingga kini belum tersedia hotel di lokasi wisata tersebut.

1. Pantai Baron

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 23 Km arah selatan kota Wonosari, merupakan pantai pertama yang ditemui dari rangkaian kawasan Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal dan Sundak.

Pantai ini merupakan teluk yang diapat oleh dinding bukit yang hujau yang dipenuhi pohon kelapa. pantai ini juga terdapat muara sungai bawah tanah yang bisa digunakan untuk pemandian setelah bermain di laut. Selain itu pengunjung dapat menikmati aneka ikan laut segar maupun siap saji, dengan harga terjangkau.

Pada sisi sebelah timur dapat dicapai melalui jalan setapak yang melingkar terdapat bukit kapur wisatawan bisa beristirahat digardu pandang, sambil menghirup udara pantai yang menyegarkan. Kurang lebih 10 km kearah barat dari Pantai Baron terdapat Pantai Parang Racuk dengan bukitnya yang menjulang dan terjal, dengan leluasa dari atas bukit.

2. Pantai Kukup

Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, 1 km Timur Pantai Baron. Pantainya berpasir putih. Terdapat jalan setapak yang membelah bukit sampai Pantai Baron, serta sebuah pulau karang yang dihubungkan dengan jembatan kecil. Dari atas Pulau karang kita dapat melihat hamparan pantai yang cukup luas dan sangat indah.

Selain itu pantai ini kaya akan biota laut dan juga terkenal dengan beragam ikan hias air laut yang dijajakan oleh para pedagang di sepanjang pantai. Di pantai ini juga terdapat pendopo cottege dengan fasilitas yang cukup memadai. Sama seperti di Pantai Baron, di setiap bulan Sura di pantai ini juga diadakan Sedekah Laut.

3. Pantai Krakal

Pantai Krakal terletak di Kampung Krakal Kelurahan Ngestirejo Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten atau 37 kilometer arah selatan dari pusat kota Kabupaten Gunungkidul. Pantai Krakal berada bersebelahan dengan Pantai Tliti yang berada di Kecamatan Tepus yang ditandai dengan bangunan batu berbentuk setengah benteng.

Pantai Krakal memberikan semua hal yang dibayangkan sebagai sebuah panorama pantai.Di sepanjang perjalanan menuju Pantai Krakal, terlihat keindahan pemandangan bukit-bukit kapur bersama bongkahan-bongkahan batu karang. Banyaknya bongkahan batu karang di sepanjang kiri kanan jalan menuju Pantai Krakal inilah yang dinamakan daerah Karst. Pantai Krakal sendiri terkenal sebagai pantai yang relatif rendah sehingga membuat sinar matahari menimbulkan cakrawala pantai.Pasir putih terhambar memanjang di tepian pantai.

Ada banyak aktifitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan di Pantai Krakal. Misalnya Anda bisa bermain dengan ombak laut di sepanjang bibir pantai yang tak putus-putusnya dibawa oleh arus air dari samudera Australia. Sebuah aktifitas langka yang bisa Anda lakukan tentunya jika Anda bertempat tinggal jauh dari pantai. Krakal juga menawarkan aktifitas lain yang sangat menyenangkan yaitu mencari ikan hias di bibir pantai Krakal yang berlumut. Ada lagi aktifitas lain yang tak kalah menyenangkan bermain layang-layang atau sepakbola yang mempunyai panjang bibir pantai sepanjang 40.000 meter tersebut.

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on June 3, 2011 in JALAN JALAN

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 91 other followers

%d bloggers like this: