RSS

6 Senjata terhebat didunia

18 Jun


Nggak ada angin nggak ada hujan, tahu-tahu kita ngomongin senjata, kok rasanya aneh ya? Ya ndak apa apalah, sekali kali kita membahas topik yang berbeda supaya nggak bosen, sekalian buat menambah wawasan, ndak ada salahnya toh.

Sudah naluri manusia sejak diciptakan di dunia ini  mempunyai sifat untuk menyerang dan sifat untuk mempertahan diri, dua sifat yang kelihatnnya salin berseberangan padahal sebetulnya saling menyeimbangkan. Senjata adalah salah satu bagian dari usaha manusia untuk menyerang ataupun mempertahankan diri.  Senjata sudah dikenal sejak dari jaman purba misalnya tombak dan panah yang tidak terlepas dari kehidupan mereka.  Seiring dengan perkembangan peradapan manusia, senjata juga mengalami perkembangan dari yang paling sederhana sampai senjata canggih yang dikenal saat ini, yaitu senjata api.  Nah supaya lebih focus kita batasi senjata ini  khusus untuk senjata perorangan (bukan senjata berat), terus lebih spesifik lagi senjata laras panjang  jenis senjata penyerang (jadi untuk jenis sniper dan pistol dibahas pada sesi yang lain ya, he…he kaya sinetron aja ya pakai acara bersambung)

Inilah 6 senjata terhebat didunia versi solucinum, ini  bukan  hasil survey dari lembaga tertentu, bukan pula hasil penelitian dari sebuah badan  atau yang lainnya, jadi menyusunnya pun murni hanya  berdasarkan suka suka dari penulisnnya. Harap maklum saja!

SS2

SS2 ditempatkan sebagai urutan pertama, karena memang saya cinta berat dengan prduk ini, SS2 adalah produk terbaru PT Pindad, hasil produksi  dalam negri, karya putra terbaik bangsa sendiri so pasti kita cinta dan bangga banget . Ditambah lagi memang senjata tersebut juga bisa memenuhi persyaratan yang diperlukan oleh para combater yang akan diterjunkan ke medan tempur, dengan kondisi medan dan cuaca yang berat sekalipun. Senjata ini siap digunakan. Popornya yang bisa dilipat memeudahkan personel yang membawanya, mulai dari keluar masuk panser, untuk misi penerjunan, sampai dibawa oleh pasukan bermotor semuanya serba mudah. Dan jangan lupa senjata ini handal juga lho. Pokoknya Saya I love You Full.

Pindad SS2-V5 assault rifle

SS2-V1 SS2-V2 SS2-V4 SS2-V5
Caliber 5.56×45 mm NATO
Action Gas operated, rotating bolt
Overall length (butt open / folded) 990 / 740 mm 920 / 670 mm 990 / 740 mm 770 / 520 mm
Barrel length 460 mm 403 mm 460 mm 252 mm
Weight 3.4 kg 3.2 kg 4.2 kg 3.2 kg
Rate of fire  ~ 700 rounds per minute
Magazine capacity 30 rounds

  

  

SS1

SS1 adalah kakak dari SS2, sebagai pendahulu tentu mengalami beberapa tahap penyempurnaan yang pada akhirnya terciptalah senjata yang handal yang bisa memenuhi tuntutan kebutuhan personel combater. Sifat popornya yang bisa dilipat, material baja yang ringan serta magazine yang mudah dibongkar pasang merupakan kehandalan dari senjata ini. Jam terbang yang sudah dialami oleh senjata ini telah menjadi bukti nyata kehandalan produk dalam negri kebanggaan kita semua. I love you full SS1, I love you full PT Pindad, Ilove You full Indonesia.

SS1 adalah singkatan dari Senapan Serbu 1senapan serbu yang banyak digunakan oleh TNI dan POLRI. Senapan ini diproduksi oleh PT. Pindad Bandung, berdasarkan senapan FN FNC dengan lisensi dari perusahaan senjata Fabrique Nationale (FN),Belgia.

Senapan ini menggunakan peluru kaliber 5.56 x 45 mm standar NATO dan memiliki berat kosong 4,01 kg. Senapan ini bersama-sama dengan M16Steyr AUG dan AK-47menjadi senapan standar TNI dan POLRI, tapi karena diproduksi di Indonesia, senapan ini paling banyak digunakan.

SS-1 diproduksi dalam 2 konfigurasi utama, yaitu senapan standard dan karabin pendek. Versi senapan standar disebut SS1-V1 (FNC “Standard” Model 2000) dan karabin disebut SS1-V2 (FNC “Short” Model 7000). Kedua varian diatas dilengkapi dengan laras yang berisi pelintiran tembakan tangan kanan sepanjang 178 mm (untuk stabilisasi mengantisipasi peluru SS109 belgia yang lebih berat).

Data Teknis

Tipe Senapan serbu
Negara asal  Indonesia
Sejarah pemakaian
Masa penggunaan 1991-sekarang
Digunakan oleh Indonesia
Pada perang Konflik AcehTimor Timur danPapua
Sejarah produksi
Tahun 1991
Produsen PT Pindad
Diproduksi 1991
Varian Lihat Varian
Spesifikasi
Berat 4,01 kg (kosong)
Panjang 997 mm

Peluru 5,56 x 45 mm NATO.223 Remington
Kaliber 5,56 x 45 mm
Mekanisme Operasi gasbolt berputar
Rata² tembakan 700 butir/menit
Kecepatan peluru 710 m/s
Jarak efektif 450 m
Amunisi Magazen box 30-butir
Alat bidik Bidikan besibidikan teleskopik(tergantung varian)

Avtomat Kalashnikova  AK-47

Senjata Avttomat  kalashnikova AK47 adalah senjata terhandal yang sudah banyak digunakan diseluruh Dunia. Sifat kehandalannya yang luar biasa ini maka saya memberinya gelar “istri yang setia setiap saat”. Karena mau diajak kemanapun, si dia oke oke saja, medan padang pasir berdebu, medan lembab, berhujan-hujanan, medan berlumpur, sampai dibawa menyelam oleh pasukan intai amfibi masih tetap saja handal. Sifat khasnya yang tidak manja inilah yang menyebabkan banyak para grilyawan sangat gandrung dengan senjata ini. Inilah juga senjata yang saya gandrungi karena kehandalannya, dan pasti akan saya jadikan pilihan pertama seandainya saya harus terjun kedalam sebuah misi tempur di medan tempur yang berat dan cuaca ekstrim. Tapi ya ada juga kelemahannya, khususnya bagi orang Indonesia, bobot senjata ini terasa cukup berat sehingga lumayan ngos-ngosan juga kalau harus berlari naik turun bukit dengan membawa senjata ini. Terus hentakannya yang sangat kuat saat ditembakkan menyebabkan pundak terasa pegal pegal sehabis selesai latihan. Tapi tetap saja saya cinta berat dengan senjata ini.

Tipe Senapan serbu
Negara asal Uni Soviet
Sejarah pemakaian
Masa penggunaan 1949
Digunakan oleh Uni Soviet, banyak lainnya
Sejarah produksi
Perancang Mikhail Kalashnikov
Tahun 1947
Jumlah produksi Di atas 100 juta[1]
Varian Lihat Varian
Spesifikasi
Berat 4,3 kg
Panjang 870 mm (34¼ inci)
Panjang Laras 415 mm (16,3 inci)

Peluru 7,62 x 39 mm
Mekanisme Operasi gas, bolt berputar
Rata² tembakan 600 butir/menit
Kecepatan peluru 710 m/s
Jarak efektif 300 m
Amunisi Magazen box 30 butir,
Magazen box RPK 40 butir,
Magazen drum RPK 75 butir
Alat bidik Bidikan besi

M16

M16 adalah senjata buatan Amerika serikat yang sudah sangat populer diseluruh dunia, apalagi banyak film film laga Hollywood yang aktornya menggunakan senjata jenis ini. Saya sangat senang dengan senjata ini karena bentuknya yang cantik, apalagi kalau dipakai untuk upacara militer benar benar terlihat elegan. Design pisir depan pisir belakang, popor dan magazine yang pas menyebabkan senjata ini tampak anggun dan berwibawa namun tetap mematikan. Saya sendiri sangat mengemarinya karena bobotnya yang ringan, sehingga enteng dibawa berlari kesana kemari melaintasi berbagai medan. Akurasinya juga sangat bagus serta hentakannya yang sangat ringan, sehingga mudah ditembakan mulai dari pundak atau dari pinggang sekalipun oke oke saja dijamin nggak pakai pegal-pegal deh. Tapi bebarapa bagian yang terbuat dari fiber yang menjadi kelemahan senjata ini, menyebabkan kurang handal terhadap benturan. Ditambah lagi senjata ini harus selalu dijaga kebersihannya, kalau males malesan bisa ngadat lho. Inilah yng bayak dikeluhkan oleh anak anak batalion Amerika yang ditugaskan di Vietnam.

Negara asal  Amerika Serikat
Sejarah pemakaian
Masa penggunaan 1960–
Digunakan oleh Amerika SerikatNATO,
Israel, banyak lainnya
Pada perang Perang VietnamPerang Teluk,Perang Irak
Sejarah produksi
Perancang
Tahun 1957
Produsen
Diproduksi 1960–sekarang
Jumlah produksi Diatas 8 juta [2]
Varian Lihat Variants
Spesifikasi (M16A2)
Berat 7.8 lb (3,5 kg) (Tiada Isi Peluru)
8.79 lb (4,0 kg) (Berisi Peluru Penuh)
Panjang 39.625 in (1.010 mm)
Panjang Laras 20 in (508 mm)

Peluru 5.56x45mm NATO
Mekanisme Mekanisme GasPutaran Bolt(Langsung tubrukan)
Rata² tembakan 12-15 putaran / menit berkelanjutan, 45-60 putaran / menit semi-otomatis, & 700-950 putaran / menit siklik
Kecepatan peluru 3,100 kaki/detik (944.88 m/s)[3]
Jarak efektif 550 Meters (titik sasaran), 800 Meters (daerah sasaran)
Amunisi Magazen box 30 butir,
Magazen box RPK 40 butir,
Magazen drum RPK 75 butir
Alat bidik Bidikan besi

  

Styer AUG

Bentuk senjata ini memang berbeda dengan senjata- senjata lain karena menganut sistem bull up, sehingga magazinenya terletak dibelakang pada popor. Senjata ini sangat ringan dan enak dibawa kemana-mana karena sebagian besar bagiannya terbuat dari bahan plastik khusus yang sangat kuat. Akurasinya sangat bagus, dan larasnya bisa ditukart dalam waktu singkat sehingga sangat praktis.

AUG adalah salah satu senapan pertama yang menggunakan desain bull up, yang membuatnya 25% lebih pendek dari senapan lain yang panjang larasnya sama, tanpa mengorbankan performa dan akurasi. Sebagian besar varian AUG dilengkapi dengan bidikan teleskopik 1.5x yang terintegrasi. AUG dianggap memiliki desain ergonomis yang modern. Fitur lain misalnya kemampuan dipakai oleh penembak tangan kanan maupun kidal, dan penggunaan bahan-bahan plastik transparan.

Laras Steyr AUG bisa ditukar-tukar dengan mudah, misalnya ke laraskarbin atau ke laras lebih panjang. Bahkan AUG memiliki perangkat modifikasi yang bisa merubahnya menjadi http://id.wikipedia.org/wiki/Senapan_submesin”>Senapan submesin. Varian lain, seperti varian senapan mesin ringan yang memiliki laras lebih berat, tak bisa dimodifikasi dan sudah diatur dari pabrik.

Data Teknis

Tipe : http://id.wikipedia.org/wiki/Senapan_serbu”>Senapan serbu

Negara asal : Austria

Sejarah pemakaian : Masa penggunaan 1978–sekarang

Digunakan oleh : Austria, Australia, Timor Timur,Irlandia, Indonesia, Luxembourg,
Malaysia, Oman, Pakistan, Filipina,http://id.wikipedia.org/wiki/Selandia_Baru”>Selandia Baru, Arab Saudi, Tunisia,
http://id.wikipedia.org/wiki/Amerika_Serikat”>Amerika Serikat, Inggris Pada perang http://id.wikipedia.org/wiki/Timor_Timur”>Timor Timur, Afganistan, Irak

Sejarah produksi : Tahun 1977 Produsen http://id.wikipedia.org/wiki/Steyr_Mannlicher”>Steyr Mannlicher Diproduksi 1978

Spesifikasi : Berat 3,6 kg (kosong) Panjang 790 mm Panjang Laras 508 mm

Amunisi : Peluru Luger Parabellum” href=”http://id.wikipedia.org/wiki/9_mm_Luger_Parabellum”>9 x 19 mm (AUG http://id.wikipedia.org/wiki/Senapan_submesin”>SMG)

M4A1 Carbine

M4A1 adalah senjata generasi terbaru dan banyak diisukan bakal menggantikan M16, sebuah jawaban banyaknya keluhan dari pasukan Amerika yang bertugas di Irak atas kehandalan M16. Senjata ini merupakan penyempurnaan M16 dengan laras yang lebih pendek.

M4 dan M4A1 menggunakan peluru http://id.wikipedia.org/wiki/Kaliber_peluru”>kalibermagazen box, dan mempunyai popor teleskopik. Popor ini bisa ditukar dengan popor biasa, tapi itu jarang dilakukan pada militer http://id.wikipedia.org/wiki/Amerika_Serikat”>Amerika Serikat.

Seperti karabin pada umumnya, M4 lebih nyaman ditenteng daripada senapan laras panjang. Selain ideal untuk digunakan oleh tentara non-infanteri (seperti pengemudi kendaraan, ajudan, dan perwira staf), ini juga membuat M4 cocok untuk pertempuran jarak dekat dan operasi pasukan khusus. M4 sempat menjadi standar untuk http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=United_States_Special_Operations_Command&action=edit&redlink=1″>United States Special Operations Command (USSOCOM) dan menjadi pilihan Pasukan Khusus Angkatan Darat Amerika Serikat. Pada tahun 2006Malaysia juga membeli Karabin M4 untuk menggantikan senapan Steyr AUG.

Karabin M4 dikembangkan dan diproduksi untuk Pemerintah Amerika Serikat oleh perusahaan senjata Colt, yang mempunyai kontrak untuk memproduksi keluarga karabin M4 sampai tahun 2009. Tetapi selain Colt, sejumlah produsen senjata lain juga menawarkan senapan yang serupa dengan M4. M4 dan M16A4 sudah menggantikan M16 dan M16A2 pada angkatan bersenjata Amerika Serikat. M4 juga menggantikan http://id.wikipedia.org/wiki/Submachine_gun”>submachine gunM3A1yang biasa dipakai pengendara tank. M4 hampir serupa dengan versi kompak M16 sebelumnya, yaitu XM177, bedanya adalah M4 tidak menggunakan peluru M193/6 ball.

Data Teknis

Tipe : http://id.wikipedia.org/wiki/Senapan_serbu”>Senapan serbu

Negara asal : Amerika Serikat Sejarah pemakaian

Masa penggunaan mulai 1994

Digunakan oleh : NATO, Malaysia, Israel,
Indonesia, Filipina, Australiadan banyak sekali lainnya

Sejarah produksi Diproduksi 1994— Varian M4A1, CQBR

Spesifikasi Berat : 2,52 kg kosong;3,0 kg dengan isi 30-butir peluru

Panjang : 757 mm (29,8 in) popor masuk; 838 mm (33 in) popor keluar

Panjang Laras 368,3 mm (14,5 in)

Peluru peluru” href=”http://id.wikipedia.org/wiki/Kaliber_peluru”>Kaliber 5.56 mm (.223 in)

Mekanisme operasi gas, bolt berputar Rata² tembakan 700–950 butir/menit Kecepatan peluru 905 m/s (2.970 ft/s) Jarak efektif 300 m Jarak jangkauan 800 m

Amunisi Magazen box 50 atau 150-butir

Menembak adalah berlatih kesabaran dan ketenangan

Menembak adalah berlatih kesabaran dan ketenangan

 
Leave a comment

Posted by on June 18, 2011 in extrem hoby, Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 86 other followers

%d bloggers like this: