RSS

MENYINGKAP PENYEBAB JATUHNYA PESAWAT LION AIR

16 Apr

Kembali dunia penerbangan kita dirundung musibah, kali ini pesawat milik penerbangan Lion Air  dari jenis Boeng 737-800 mengalami kecelakaan gagal mendarat di Bandara Ngurah Rai Bali, jatuh sekitar 50 meter dari ujung landasan. Meskipun tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, namun kejadian ini menambah catatan hitam dunia penerbangan Indonesia.Tentu seluruh bangsa Indonesia  turut bersedih tentang kejadian ini.

Namun dibalik kejadian ada pelajaran yang harus dicermati, untuk melakukan perbaikan perbaikan secara menyeluruh sehingga kejadian yang sama dimasa yang akan datang  dapat dicegah.  Apabila disimak dari komentar para pengamat  di media masa, sepertinya sangat mudah sekali mereka membuat analisa dan menyimpulkan tentang penyebab kejadian, biasanya mereka langsung menuding factor cuaca atau factor kondisi pesawat yang sudah tua sebagai penyebabnya, atau kesimpulan dangkal lainnya, benarkah demikian? tentu saja tidak!

Tribunenewa.com

Tribunenews.com

PENYEBAB KECELAKAAN ADALAH MISTERI

Pada prinsipnya setiap kecelakaan pesawat terbang dimanapun juga di dunia ini, pada umumnya penyebabnya adalah sebuah misteri, ya benar sebuah misteri! Dapat diibarat sebuah puzle yang sudah diacak berceceran berserakan, maka untuk dapat memecahkan misteri tersebut secara benar  harus memungut satu persatu setiap keping puzzle yang berserakan kemudian disusun secara cermat dan hati hati sehingga dapat diperoleh gambaran secara utuh rangkaian kejadian yang mengarah kepada terjadinya kecelakaan. Kepingan puzzle tersebut bisa saja tercecer di reruntuhan pesawat, dicatatan medis para awak pesawat, di catatan maintenance pesawat, data direkaman ATC, ada di saksi mata sekitar tempat kejadian, ada di manajemen maskapai penerbangan, ada di otoritas bandara dll. Hal Ini tentu sebuah investigasi  yang sangat sulit dan melelahkan,  oleh karenanya  dibutuhkan orang orang yang mempunyai keahlian khusus serta memakan waktu yang cukup lama bisa dari dalam hitungan beberapa bulan bahkan ada yang sampai  beberapa  tahun tergantung dari tingkat kesulitan yang dihadapi.

Barulah setelah puzzle itu tersusun secara benar, dapat dilakukan analisa penyebab kejadian kecelakaan serta rekomendasi terbaik agar hal yang sama tidak terjadi di masa yang akan datang.

FOKUS PENYELDIKAN

Dalam dunia penerbangan selalu dijadikan prinsip bahwa tujuan utama dari penyelidikan kecelakaan pesawat adalah untuk melakukan tindakan perbaikan sehingga  kejadian yang sama dimasa mendatang dapat dicegah. Fokus penyelidikan tidak boleh meleceng dari tujuan utama tersebut, karena akan sangat berpengaruh terhadap kualitas hasil penyelidikan. Misalnya seandainya tujuan penyelidikan dimaksudkan untuk mencari pihak yang bersalah, akibatnya tidak akan ada keterbukaan informasi selama penyelidikan, akan banyak kepingan puzzle yang hilang sehingga tidak akan diperoleh gambaran kejadian secara utuh. Tentunya kesimpulan yang dihasilkan menjadi kurang pas.

Keselamatan adalah hal yang paling penting, sehingga tidakan perbaikan guna mencegah kesalahan yang sama terulang kembali jauh lebih penting ketimbang mencari kambing hitam. Bisa dijelaskan dengan ilustrasi berikut :

Misalnya maskai penerbangan XYZ mengalami insiden pesawat keluar landasan, setelah diselidiki diperoleh informasi ternyata pilot kurang tidur. Jika penyelidikan hanya bertujuan mencari siapa yang salah maka kambing hitam sudah ditemukan, bisa saja diberikan larangan terbang sementara atau bahkan diberhentikan. Namun apakah itu cukup, tentu saja tidak. Jika tidak dilakukan perbaikan maka akibatnya dimasa mendatang akan ada semakin banyak pilot dipecat namun insiden yang sama masih tetap saja terjadi. Tentu kondisi seperti ini akan merugikan masyarakat dan maskapai penerbangan itu sendiri. Jelaslah disini bahwa penyelidikan harus bertujuan untuk melakukan tindakan perbaikan guna mencegah terulangnya kejadian yang sama dimasa yang akan datang.

MULTI FAKTOR

Dalam teori tentang keselamatan penerbangan dikenal istilah teori SHELL , singkatan dari S = Software; H = Hardware; E = Enviroment; L= Lifeware.  Teori ini SHELL adalah sebuah model yang mengambarkan hubungan interaksi antara manusia dengan factor factor lain yang berpengaruh  dalam dunia penerbangan.

Maka selama dalam penyelidikan kecelakaan pesawat terbang semua factor  tersebut harus menjadi obyek pengumpulan kepingan data, Software (system dan prosedur), factor Enviroment (cuaca, kondisi medan, lingkungan kerja), Liveware (Manusia, awak pesawat baik ground crew maupun air crew serta semua pihak yang terkait dengan kegiatan penerbangan).

Faktanya dalam setiap kejadian kecelakaan terbang dimanapun, sangat jarang diketemukan factor tunggal penyebab sebuah insiden atau kecelakaan. Selalu ada interaksi dari berbagai factor yang sebagai hasil akhirnya menyebabkan terjadinya kecelakaan. Dan tugas dari tim penyelidikan kecelakaan pesawat terbang adalah untuk mengungkap berbagai interaksi factor factor tersebut, untuk kemudian mengusulkan tindakan perbaikan guna mencegah terulangnya kejadian yang sama.

Semakin banyak kepingan puzzle yang diketemukan, dan semakin cermat menyusun setiap kepingan puzzle tersebut maka akan semakin utuh gambaran kejadian, semakin baik kesimpulan yang diambil. Penyelidikan kecelakaan pesawat terbang adalah pekerjaan besar yang memerlukan perhatian, kerja keras, kecermatan dan keahlian khusus, karena hasilnya sangat berguna untuk kemashlahatan umat manusia dimasa yang akan datang. Semoga Tuhan selalu memberkahi, Amien.

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on April 16, 2013 in AVIATION, Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 91 other followers

%d bloggers like this: