RSS

TIPS MENGEMUDI HEMAT BBM

21 May

Kenaikan harga minyak dunia akhir akhir ini memang sangat membebani banyak pihak mulai dari pemerintah yang harus menaikan jatah subsidi BBM dan kecendrungan migrasi konsumen dari pemakaian BBM non subsidi ke pemakaian BBM bersubsidi. Pengusaha juga terbebani karena harus menanggung kenaikan biaya operasional. Dan sebagaian besar masyarakat pengguna kendaraan juga harus merogoh kocek lebih banyak untuk membeli bahan bakar.

Nah ini ada beberapa tips berkendara yang mungkin bisa membantu menghemat pengeluaran uang untuk membeli BBM

1.     Memanaskan mesin jangan terlalu lama

Jangan memanaskan mesin terlalu lama, misalnya sambil ditinggal sarapan atau bahkan mandi pagi, ini benar-benar memboroskan BBM. Memanaskan mobil modern sebenarnya tidak perlu terlalu lama cukup 1 menit saja

2.     Menjaga putaran mesin

Saat mengemudi jaga agar putaran mesin berkisar antara 2000 sampai 3500 rpm. Ini artinya saat berkendara gunakan transmisi sesuai dengan kecepatan, jangan menunggu sampai mesin berdengung keras baru transmisi dipindahkan, selain memboroskan BBM juga menyebabkan mesin terlalu panas.

3.     Engine braking

Di pasaran sekarang, 99% mobil menggunakan sistem injeksi elektronik. Makanya cara penghematan ini paling tepat dilakukan. Biasakan melakukan engine braking saat memperlambat kendaraan. Caranya, lepas gas tanpa memasukkan gigi ke netral terlebih dahulu. Cara ini akan menghentikan total suplai bensin ke mesin. Berbeda jika transmisi dimasukkan ke netral, bensin masih disuplai untuk menjaga mesin tetap hidup yang artinya membuang buang BBM, disamping itu mobil juga bisa “nylonong” karena pengurangan kecepatan sepenuhnya dibebankan ke rem.

4.     Menjaga kecepatan konstan

Usahakan menyetir dengan kecepatan konstan, jangan “menyendal-nyendal” atau “rem-tancap rem-tancap” atau zig zag, karena dengan mengemudi secara smooth maka pemakaian BBM menjadi lebih hemat bahkan penhematan bisa mencapai 33% dan penumpang juga akan merasa lebih nyaman. Kecepatan yang ideal untuk mengemudi secara hemat adalah sekitar 80 km/jam

5.     Kurangi Beban. Beban yang terlalu berat akan mengakibatkan kerja mesin menjadi lebih keras dan pemakaian BBM juga semakin besar. Makanya keluarkan barang barang yang tidak diperlukan dari mobil, jaga  jangan sampai mobil seperti gudang berjalan.

6.     Pilih rute yang tepat. Jika memungkinkan hindari jalur jalur macet, atau hindari jam-jam puncak kemacetan,  jika terpaksa terkena macet dalam waktu lama matikan mesin.

7.     Perawatan kendaraan. Rawat kendaraan secara teratur, misalnya gunakan olie dengan kekentalan yang sesuai, jika terlalu kental kerja mesin terlalu berat jika terlalu encer efek pelumasan menjadi kurang maksimal. Saringan udara juga harus selalu dibersihkan, jangan sampai saringan kotor karena menyebabkan pembakaran tidak sempurna. Itulah makanya mobil harus dirawat secara teratur.

Ssst… ada satu lagi tips yang nggk kalah penting, dalam membeli BBM. Untungnya saat ini sudah banyak pilihan dalam membeli BBM khusunya yang non subsidi. Carilah BBM yang kualitasnya lebih baik dan harganya lebih murah. Lho kalau gitu nggak nasionalis donk, nggak cinta produk dalam negeri donk. Eit ………jangan berburuk sangka dulu… justru ini namanya cinta produk dalam negeri cinta negeri ini yang murni 100%, bukan cinta buta. Khan dengan begitu akan  menjadi pembelajaran bagi perusahaan penyedia BBM yang sama sama kita cintai agar didorong untuk beroperasi lebih efisien dan lebih menjaga mutu yang hasil akhirnya dia akan menjadi “Juara” baik di negeri sendiri maupun di negeri orang, nah lho….hebat bukan! Apa yang terjadi kalau kita meninabobokkannya, apa mungkin dia bisa jadi Juara? Pasti jawabannya sama, “tidaaaak!”

 
Leave a comment

Posted by on May 21, 2011 in BISNIS, JALAN JALAN, Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: