RSS

MENGGUNAKAN KARTU KREDIT SECARA BIJAK

22 May

Assalamu alaikum wr wb.

Kehidupan modern saat ini ditandai dengan arus informasi yang semakin cepat dan tingkat mobilitas manusia yang semakin  tinggi, disisi lain semakin dibutuhkannya kemudahan dan kepraktisan dalam segala hal. Tidak terkecuali dalam hal bertransaksi perdagangan, cara pembayaran pun sudah mengalami evolusi yang sangat drastis dari semula pembayaran  secara barter, kemudian berkembang dengan menggunakan alat tukar/mata uang dan saat ini sudah berkembang cara pembayaran melalui elektronik, salah satunya adalah kartu kredit.

Kartu kredit saat ini sudah banyak dipergunakan oleh masyarakat luas, diantara sekian banyak alasan memanfaatkannya antara lain adalah karena adanya fasilitas kemudahan, karena life style serta alasan kepraktisan.  Namun banyak juga masayarakat yang kurang bijak dalam memanfaatkan kartu kredit sehingga terlilit permasalahan.

Memang benar Karetu kredit banyak memberikan kemudahan antara lain sistem pembayaran bisa dicicil, fasilitas diskon dan berbagai kemudahan lainnya, namun disisi lain juga banyak dampak negatif yang ditimbulkannya, antara lain mendorong masyarakatuntuk lebih  bersifat konsumtif dan bahkan bagi yang kurang bisa mengendalikan diri bisa terjebak dalam lilitan masalah.

Tidak dipungkiri bagi orang orang yang sudah punya ilmunya dan sudah mempunyai keahalian mengendalikannya (bukan sekedar tahu lho…)  kartu kredit dapat dipakai sebagai sumber modal  yang paling gampang dan jumlahnyapun bisa beragam dari mulai puluhan bahkan bisa sampai ratusan juta rupiah, tapi bagi seorang pemula jangan coba-coba karena ini adalah ibrat permainan “rodeo” bagi yang belum menguasai pasti akan celaka. Untuk yang satu ini tidak dibahas karena para pemain “Rodeo” pasti jauh lebih “sakti” dari saya, rasanya saya tidak perlu menggarami air laut.

Untuk masyarat umum inilah beberapa tips yang perlu diperhatikan sbb :

  1. Pahamilah bahwa kartu kredit adalah “ rentenir” yang paling sadis, maaf ini terlalu kasar tapi memang benar adanya, bukankah bunga pinjaman kartu kredit pada umunya paling tinggi dibandingkan bunga pinjaman apapun. Bayangkan saja pinjaman KPR  yang cicilnanya 15 tahun paling bunganya saat ini hanya berkisar  8-15% pertahun. Berapa bungan pinjaman kartu kredit, rangenya 30 -40% per tahun! Makanya gunakan kartu kredit hanya untuk kondisi kepepet misalnya dalam suatu perjalanan kehabisan uang atau keluarga sakit harus segera berobat kedokter.
  2.  Usahakan melunasi kartu kredit sebelum jatuh tempo, karena dengan begitu tidak dikenai bungan pinjaman. Jadi atur penggunaan kartu kredit secara bijak agar bisa dibayar dengan dana yang tersedia sebelum jatuh tempo.
  3. Jangan tergoda oleh berbagai promosi misalnya discount besar atau cicilan bungan 0% dapat cash back dan berbagai godaan lainnya, belilah barang-barang yang memang dibutuhkan. Atur dengan bijak sesuai dengan kemampuan keuangan/penghasilan.
  4. Bagi yang menderita penyakit “kecanduan shoping” dan tidak mempunyai kemampuan mengendalikan diri dalam berbelanja jangan ragu-ragu untuk”MENGGUNTING” semua kartu kredit yang dimilikinya. Jangan banyak pikir pikir daripada nantinya jatuh dalam kesulitan besar. Tunggu sampai anda mampu mengendalikan diri.
  5. Jika ada fasilitas atau kemudahan yang memang dibutuhkan misalnya diskon atau cash back untuk barang-barang atau jasa yang memang diperlukan (bukan karena tergoda diskonnya lho), jangan ragu-ragu gunakan saja kartu kredit tetapi inget untuk  segera melunasi sebelum jatuh tempo. Ini adalah sikap yang sangat baik karena dapat menghemat pengeluaran, bukankah hemat pangkal kaya.
  6. Jika terpaksa berhutang dengan kartu kredit misalnya karena keluarga sakit atau keperluan mendadak lainnya, cepatlah dilunasi sebelum mjatuh tempo. Lebih baik mencari pinjaman lain misalnya pinjam ke koperasi di perusahaan, pinjam uang ke Bank non kartu kredit, atau bahkan menggadaikan kendaraan anda. Ini adalah pilihan yang lebih baik daripada mencicil kartu pinjaman kartu kredit. Katakanlah pinjam di bank dengan bungan 15% pun, masih relatif lebih hemat daripada harus membaayar bunga kartu kredit sebesar 30%.
  7. Jangan membiayai “life style” dengan pinjaman kartu kredit, karena pengen tampil trendy atau biar terlihat wah maka memaksakan diri ngutang dengan kartu kredit. MIsalnya karena ingin dianggap gaul lantas memaksakan diri membeli HP mahal dibela-belain ngutang dengan kartu kredit. Sikap seperti ini akan membawa celaka, ibarat menjerat leher sendiri.
  8. Berhematlah dalam kehidupan, karena dengan berhemat makan sebagian pendapatan bisa ditabung dan diinvestasikan, maka suatu saat akan jadi orang kaya.

Demikian teman teman, semoga bermanfaat. Salam sukses. Wasalamu alaikum wr wrb.

 
Leave a comment

Posted by on May 22, 2011 in BISNIS, JALAN JALAN

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: