RSS

TIPS BERPUASA YANG SEHAT by SOLUCINUM

20 Jul

Assalamu alaikum Wr. Wb.

DSC_0354 WebWah…teman teman, tidak terasa sebentar lagi kita akan kedatangan bulan suci yang selalu ditunggu-tunggu terutama oleh umat Islam karena bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan barokah, bulan dimana terkandung banyak keutamaan, bulan yang lebih utama dari 1000 bulan, bulan pesta ibadah (he.. he… plus mau dapat THR juga kaleeee   … jangan lupa ngasih THR ke pembantu, Satpam, sopir dll ya..).

Salah satu Ibadah yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan adalah puasa. Puasa selain sebagai bentuk ibadah yang berguna untuk melatih diri kita agar mejadi pribadi yang bertaqwa kepada Allah SWT, di dalam ibadah puasa tersebut pun terkandung hikmah yang sangat bermanfaat bagi manusia, diantaranya untuk menjaga kesehatan.

Agar puasa kita membawa manfaat bagi kesehatan kita ada beberapa tip yang perlu dilakukan sebagai berikut :

  1. Jangan tinggalkan makan sahur. Karena selain makan sahur mengandung banyak keberkahan, dengan kita makan sahur kita mengaktifkan pikiran bawah sadar kita bahwa kita besok akan berpuasa. Semacam peneguhan niat. Akibatnya seluruh fisiologi tubuh kita sudah sudah mempersiapkan untuk menghadapi puasa, sehingga pencernaan kita tidak merasa melilit atau terlalu lapar  seperti yang terjadi kalau di hari biasa tidak sempat sarapan pagi jam 10 badan sudah badan lemas.
  2. Akhirkan makan sahur. Selain hal ini memang dianjurkan oleh Nabi, dari sisi fisiologi pun sangat baik. Karena dengan mengakhirkan makan sahur maka cadangan gula darah akan bertahan lebih lama dibandingkan jika makan sahur tengah malam. Akibatnya supply gula darah dan oksigen ke otak dan ke seluruh organ lainnya akan lebih baik, sehingga badan menjadi lebih segar.
  3. Menyegerakan berbuka  Puasa. Dalam agama Islam tidak ada perintah puasa tidak makan sehari semalam atau 3 hari 3 malam atau bahkan 7 hari 7 malam. Karena memang Tuhan sebagai designer dari badan ini sudah tahu kapasitas maksimum badan kita. Tuhan tentu tidak zalim  dengan membebani kita dengan sesuatu yang di luar batas specifikasi design yang telah dibuat-Nya. Manfaat dari menyegerakan berbuka adalah : untuk melakukan rehidrasi kepada otak dan seluruh sel-sel tubuh kita, sehingga proses fisiologi sel kembali optimal. Manfaat yang kedua adalah untuk segera meningkatkan supply gula darah ke otak dan ke seluruh sel, dimana hal itu penting untuk mengembalikan stamina kita.
  4. Berbukalah dengan makanan yang manis. Kalau yang jaman dahulu dicontohkan adalah dengan kurma. Kita boleh menggantikan dengan makanan yang manis lainnya seperti minum madu, makan buah buahan yang manis dsb. Yang penting mengandung gula tinggi yang mudah dicerna. Jangan makan makanan berlemak tinggi misalnya kolak, tumis tumisan, goreng gorengan dsb. Karena makanan tersebut proses absorbsinya cukup sulit sehingga kesegaran kita lama pulihnya. Kadar lemak yang tinggi juga kurang baik untuk pencernaan, bisa diare ataupun kembung.
  5. Berbukalah dengan minum air yang cukup. Jangan lupa setelah berpuasa badan kita perlu rehidrasi, jaga asupan air yang cukup. Jangan minum air dingin pada saat awal berbuka, Karena akan mengganggu pencernaan. Yang paling baik adalah air hangat kuku atau suhu sekitar 37o C, atau sama dengan suhu badan kita.  Dan yang paling baik adalah air putih, baik juga dicampur madu, jangan minum kopi atau soft drink. Perbanyaklah minum air putih, kita tentunya ingin selain ibadah kita juga sekaligus melakukan detoksifikasi bukan. Dan sssttt… lebih baik lagi kalau airnya dibisikan doa lho….dan doa yang paling baik adalah doa syukur. Insya Allah menyehatkan. Ini sudah terbukti juga lho secara ilmiah….. ingat sifat air oleh Dr Masaru Emoto. (ssst sebenarnya bisa juga untuk penyembuhan lho….tapi untuk yang satu yang ini tolong jangan dipercaya ya, soalnya kalau sampai dipraktekin dan orang pada sembuh wah dapur saya bisa nggak ngebul….. maklum sampai saat ini solucinum masih cari nafkah di bisnis obat he….he…..harap maklum ya, please deh.)
  6. Tetaplah berolah raga agar kebugaran tetap terjaga. Lho bulan puasa bukan berarti olah raga total berhenti. Olah raga hanya perlu diatur waktunya dan bebannya. Misalnya bisa saja olah raga dilakukan sore hari he..he , ya…itung itung ngabuburit, daripada kebut kebutan motor. Mas khan kita harus banyak ibadah, mana sempat olah raga. Eiiit…… sapa bilang olahraga dan ibadah tidk bisa dibarengin. Nih caranya begini katakanlah olah raganya lari, ya sambil lari sambil berzikr, setiap kaki melangkah membaca zikir… asyik nggak? Atau sambil fitness angkat beban kita sambil berzikir oke khan? Inget lho olah raga itu sama wajibnya dengan makan dan tidur lho.
  7. Lakukanlah Ibadah shalat Tarawih shalat sunat lainnya. Selain dalam rangka menikmati pesta ibadah, dengan begini khususnya bagi yang KEFEFT nggak sempet olah raga (hayoooh…kefeft atau males kalee?), dengan melakukan shalat tarawih apalagi plus sholat sunat lainnya insya Allah bisa berguna juga sebagai olah raga ringan seperti yoga, kalau sholatnya khusyu juga bermanfaat seperti kita bermeditasi. Lho enak tenan kan?

Demikian, selamat berpuasa semoga kita sukses dalam mengikut pesta ibadah sekaligus dapat bonus badan tambah sehat dan kuat. Amien. Wassalam.

Artikel terkait :

1. Memaksimalkan Ibadah di Bulan Ramadhan

2. Tips Berolah Raga di saat Berpuasa

3. Gaya menagkap malam Laylatul qodar

 
Leave a comment

Posted by on July 20, 2011 in MARHABAN YA RAMADHAN

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: