RSS

DOA DAN USAHA

27 Jul

Terkadang sering saya sering sekali mendengar sekaligus heran kenapa orang suka sekali mendikotomikan antara doa dan usaha. Mana yang lebih dahulu apakah doa dahulu atau usaha dahulu. Atau kadang kadang ada yang mengatakan kita harus melakukan usaha sekuat tenaga, setelah itu baru berdoa. Ada pula yang mengatakan berusaha 90% berdoa 10%, ada juga yang pasrah berdoa saja nggak pakai usaha.

Doa dan usaha pada hakekatnya sesuatu yang saling terkait satu dengan yang lainnya dan tidak dipisahkan pisahkan apalagi dipertentangkan. Doa adalah bagian dari usaha, dan usaha juga merupakan bagian dari doa. Ketika seseorang sedang melakukan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan maka itupun bentuk doa yang tersirat. Ketika seseorang sedang khusyu berdoa di malam hari ini pun bentuk dari usaha, karena didalam doa terkandung pengharapan (setting goal), terdapat peneguhan niat (motivation), terdapat komitmen untuk mencapai harapan (commitment), keyakinan akan terkabulnya doa (optimistic), kepasrahan Kepada Yang Maha Kuasa (surrender), insiprasi (inspiration), bahkan kadang kadang mendatangkan “cling” tentang how to nya  (strategy). Dan tentunya semua itu merupakan bagian dari usaha.

Body and soul. Itulah antara doa dan usaha. Seusatu yang sama sekali tidak bisa dipisahan, karena jika dipisahkan akan menjadi kurang bermakna. Kerja tanpa berdoa bisa melahirkan kesombongan, yang pada akhirnya membawa kesengsaraan, kadang kala demi tujuannya sampai lupa waktu, lupa diri, lupa anak, lupa istri kadang kadang lupa daratan.

Sementara orang yang membaca doa tanpa bekerja yang seiring dengan doanya juga seperti mempermainkan Tuhan, misalnya setiap hari berdoa minta masuk supaya surga tetapi korupsinya jalan terus, Tuhan pasti dibuat pusing olehnya.

Langkah yang paling bijak bukan mempertentangkannya tetapi justru mengharmonikannya. Kaki sambil melangkh ke kantor, pikiran sambil berucap ya Tuhan saya mohon berikanlah keberkahan dan kebahagiaan. Ketiga duduk dimeja sambil membaca laporan proposal projek  lalu berdoa ya Tuhan berikanlah aku rejeki yang halal dan banyak, jauhkan dari korupsi. Ketika seorang karyawan bekerja lembur walaupun badan capek, hatinya tetap berdoa ya Tuhan terima kasih atas rejekimu sehingga bisa buat nambihin untuk cicilan motor.

Pemisahan antara doa dan usaha akan menyebabkan kepincangan yang mengakibatkan tidak sempurnanya dalam mengejar tujuan. Sebagai bagian dari ikhtiar doa mempunyai peranan penting diantaranya :

  1. Sebagai bentuk Ibadah
  2. Pengakuan atas kebesaran Tuhan
  3. Sebagai sarana Setting Goal
  4. Sebagai sumber motivasi
  5. Sebagai pendorong sikap optimis
  6. Sebagai peneguh hati dan komitmen
  7. Sebagai sumber inspirasi
  8. Sebagai jalan menuju keberkahan
  9. Sebagai jalan menuju kebahagiaan
  10. Sebagai penutup celah “factor X”
  11. Adanya jaminan akan terkabulkannya doa
  12. Peranan Para penjaga langit
  13. Sebagai bentuk pelepasan stress
  14. Dan masih banyak manfat doa yang lainnya.

Untuk penjelasan masing masing manfaat doa akan dibahas dalam sesi tersendiri peranan doa dalam kehidupan. Salam.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: