RSS

Doa Adalah Ibadah

07 Aug

Inilah bedanya sifat yang sangat mendasar  antara manusia dengan Tuhan. Jika manusia semakin didatangi oleh seseorang yang bermaksud meminta minta, maka  perasaannya akan semakin “sebel”. Namun kalau Tuhan lain ceritanya, semakin sering seorang  hamba datang dan meminta kepadaNya, maka Tuhan akan merasa semakin senang. Ya itulah sifat Maha Pemurah dan Pengasih dari Tuhan.

Doa bahkan menjadi inti dari peribadahan yang diperintahkan olehNya. Jika kita amati maka dalam ibadah shalat sebagian besar bacaannya adalah merupakan doa. Surat Alfatihah yang merupakan bacaan wajib dalam shalat juga sebuah doa. Pendek kata doa adalah inti dari ibadah.

Doa adalah suatu bentuk komunikasi antara seorang hamba dengan penciptaNya, atas sifat ketidak berdayaan dan ketergantungan kepadanya, Doa juga merupakan bentuk kecintaan kepadaNya. Doa juga merupakan bentuk penghambaan kepada Sang Pencipta. Dengan banyak berdoa sekaligus bentuk sebuah pengakuan atas kekuasaanya serta kebesaranNya sehingga kalaupun ia dapat meraih kesuksesan tidak akan lupa bahwa kesuksesan tersebut adalah berasal dari kemurahanNya sehingga tidak akan sombong.

Doa juga bisa bertindak sebagai penjaga hati, agar hati selalu ingat kepadaNya, agar kita selalu bertindak sesuai dengan kehendakNya, agar kita terhindar dari kesombongan serta selalu bersyukur atas semua nikmat yang telah diberikan olehNya.

Dan sebagai suatu bentuk ibadah maka dengan berdoa selain akan dikabulkan apa yang diminta dalam doa, juga Tuhan akan memberikan pahala atas orang yang berdoa kepadaNya. Inilah sifat Allah yang maha Rahman dan Rahim.

 
Leave a comment

Posted by on August 7, 2011 in MARHABAN YA RAMADHAN

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: