RSS

TIPS BEROLAH RAGA DI SAAT PUASA

13 Aug

Halo para sahabat, Salam duahsyat!

Walaupun saat ini kita sedang menjalankan puasa, tentunya bukan alasan yang tepat untuk bermalas ria dan berogah-ogahan, namun sebaliknya harus tetap semangat dan tetap happy. Apalagi bulan puasa adalah bulan yang penuh dengan peluang untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Kalau stamina kita loyo alangkah ruginya, tidak bisa memanfaatkan moment yang sangat istimewa yang dihadiahkan Tuhan kepada umat yang dicintai-Nya. Setiap detik dalam bulan ibadah terkandung kemuliaan yang tidak didapatkan di bulan lainnya, satu amal kebajikan yang dilaksanakan di bulan Ramadhan akan mendapat balasan berkali lipat dibandingkan dengan jika dilaksanakan di bulan selain Ramadhan.

Salah satu hal yang tidak boleh ditinggalkan selama bulan Ramadhan ini adalah menjaga kebugaran tubuh kita, tentu selain menjaga asupan gizi yang seimbang serta jumlahnya yang cukup, perlu juga dibarengi dengan kegiatan olah raga. Olah raga penting sekali karena berguna untuk melatih kekuatan dan kelenturan otot, melatih kekuatan tulang, untuk melatih pernapasan, untuk mengoptimalkan metabolisme tubuh, untuk membakar timbunan lemak dalam tubuh sekaligus mengeluarkan racun serta merilekskan fikiran karena salah satu syarat dalam berolah raga harus ada unsur fun.

Olah raga dibulan ramadhan harus diatur agar tidak terlalu memberatkan, namun sebaliknya harus diatur agar tetap menyenagnkan dan membawa manfaat. Pengaturan bisa dilakukan terhadap waktu olah raga atau bobot olah raganya.

Dari segi waktu, jika pelaksanaan olah raga dilakukan pagi atau siang hari sebaiknya jangan yang terlalu berat karena dikhawatirkan akan menghabiskan terlalu banyak cadangan kalori kita sementara perjalanan sampai ke buka puasa masih panjang. Selain itu dengan banyak berkeringat juga dapat mengurangi cadangan air dalam tubuh kita sehingga nantinya kita bisa kehausan akhirnya puasanya batal deh, sayang kan. Olah raga yang bisa dilaksanakan pagi hari atau siang misalnya jalan kaki 15 menit atau senam ringan 15 menit. Baik  juga bersepeda selama 30 menit.

Yang terbaik adalah olah raga dilaksanakan pada sore menjelang berbuka puasa, karena saat berbuka sudah dekat sehingga sehabis berolah raga bisa langsung minum air putih untuk rehidrasi. Olah raga seperti jogging, bersepeda, badminton, footsal atau tenis bisa dilakukan, namun porsinya jangan terlalu berat mengingat cadangan kalori dan air dalam tubuh kita sudah minim.

Dalam berolah raga pada saat berpuasa ada satu trik yang bisa dipraktekan. Sebelum berangkat berolah raga siapkan 2 botol air putih, Satu botol diisi dengan air dingin dan botol yang kedua diisi air putih biasa. Yang terakhir tujuannya untuk minum jika sebelum sampai rumah sudah tiba beduk maghrib. Lalu buat apa botol yang pertama?

Botol yang pertama sengaja diisi dengan air dingin, tujuannya untuk mendinginkan tubuh kita pada saat kita berolah raga dan badan terasa panas serta berkeringat banyak. Gunakan air dingin ini untuk membasahi kepala, muka atau badan sehingga menjadi lebih segar, bukankah salah satu fungsi keringat adalah untuk mendinginkan badan. Saya dapat ilmu ini saat kegiatan lintas medan menempuh medan berat disiang bolong yang sangat terik, para instruktur memerintahkan membasahi handuk lalu diletakan diatas kepala baru ditutup topi/helm mendadak kepala jadi mak ces rasanya seperti kepala dimasukan kedalam kulkas.

Penting diperhatikan, jika ada tanda tanda badan menjadi lemas atau kepala berkunang kunang segera hentikan kegiatan olah raga itu suatu pertanda awal cadangan gula darah sudah terlalu rendah atau bahkan badan sudah mulai terkena dehidrasi. Stop dan segera bersitirahat.

Olah raga dimalam hari juga baik, namun harus juga diatur porsinya jangan sampai terlalu berat sehingga sehabis olah raga badan kecapean akibatnya nggak bisa bangun untuk makan sahur. Dan ingat untuk selama bulan puasa ini sebaiknya olah raga hanya untuk maintain kebugaran saja, jadi kalau main badminton tidak perlu sampai 10 set. Cukup 3 set atau 6 set saja. Ingat kita juga harus istirahat, harus melaksanakan shalat malam dan tadarus. Jadi kalau main badmintonnya dari jam 8 malam sampai jam 3 pagi he…he…. nggak sempat tadarusan deh.

 
Leave a comment

Posted by on August 13, 2011 in MARHABAN YA RAMADHAN, Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: