RSS

FILOSOFI PANJAT PINANG

16 Aug

Hayo jangan menyerah !

Panjat pinang adalah acara khas yang diadakan disetiap peringatan kemerdekaan negara Republik Indonesia tercinta ini. Memang sangat unik dan mungkin hanya ada di Indonesia. Sebatangpohon pinang yang dilumuri minyak atau olie sehingga sangat licin, dipanjat oleh beberapa team yang masing asing terdiri dari 3 sampai 6 orang untuk mendapatkan hadiah yang digantung diatas pohon pinang tersebut. Hadiahnya bisa bervariasi mulai dari makanan ringan sampai hand phone, radio, bahkan sepeda. Semuanya saling berlomba untuk menjadi sang juara dan mendapatkan hadiahnya.

Perminan itu sangat populer bahkan sampai ke kampung kampung, pesertanya mulai dari anak sekolah, anak kuliahan, anak yang nggak sekolah, orang kantoran, pegawai pabrik, buruh bangunan bahkan sampai pengangguran semua rame rame mengikuti perlombaan ini. Namun masih sedikit orang yang menyadari filosofi dibalik permainan unik khas Indonesia dan khas 17 Agustusan ini.

  1. Malatih kekompakan, karena panjat pinang hanya bisa dilakukan oleh team, tidak mungkin dilakukan sendiri. Artinya untuk mencapai suatu tujuan kita harus membuat team work yang kuat, yang bisa bersinergi secara maksimal untuk mencapai sebuah Goal. Tanpa kekuatan team work, apalah artinya kita
  2. Menetapkan Tujuan yang Jelas. Untuk bisa membangkitkan semangat perlu diberikan motivasi, salah satu sumber motivasi yang sangat efektif adalah menetapkan tujuan dengan jelas. Membanyangkan betapa nikmatnya jika tujauan tersebut tercapai serta betapa sengsaranya jjika sampai gagal. karena naluri dasar manusia adalah mengejar kenikmatan dan menghindari sengsara.
  3. Melatih sportifitas. Dalam memanjat pohon pinang kita disaksikan oleh banyak penonton sehingga siapapun yang melakukan kecurangan akan ketahuan dan mendapat sangsi. Begitulah juga dalam kehidupan nyata, setiap kecurangan dan ketidak jujuran pasti akan mendapat balasannya. Kesuksesan yang dibangun dari kecurangan tidak langgeng serta tidak medatangkan keberkahan
  4. Untuk mencapai kesusksesan harus BERJUANG. Sukses itu harus diperjuangkan dengan gigih, berani menghadapi segala tantangan dan mencurahkan segenap keberanian, kerja keras, kerja cerdas dan pantang menyerah. Setiap gagal harus segera bangkit lagi. Tidak ada kesuksesan yang instant.
  5. Menghargai sesama anggota Team. Kalau salah satu anggota team sudah berhasil naik dan mengambil hadiah, maka hadiahnya akan dibagi keseluruh anggota team. Tidak DIKORUPSI atau dibawa KABUR.
  6. Perlu strategi. Karena sangat licin, memanjat pohon pinang selain perlu kerja keras juga dibutuhkan strategi. demikian pula dalam kehidupan ini, untuk mecapai keberhasilan diperlukan kerja keras dan kerja cerdas.
Dirgahayu RI, MERRDEKA!
 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: