RSS

ECO FRIENDLY PHARMACEUTICAL COMPANY

10 Nov

Sumber daya alam bukannya tidak terbatas ketersediaannya, namun sebaliknya harus dipergunakan secara bijak agar generasi yang akan datang masih bisa menikmati. Dan sebagai bentuk tanggung jawab moral, industri farmasi juga harus turut serta berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup untuk generasi yang akan datang, hal ini dapat dilakukan melalui :

  1. Mengembangkan proses produksi yang bersih dan ramah lingkungan. Proses produksi harus dikembangkan sehingga tidak banyak menghasilkan limbah baik padat, cair maupun gas.
  2. Bahan awal, bahan penolong, bahan pengemas, desinfektan, serta bahan bahan lain yang digunakan harus dipilih yang bersifat ramah  terhadap  lingkungan.
  3. Efesiensi mesin dan HVAC yang baik menghindari bocornya debu dan bahan bahan berbahaya lainnya yang berpotensi menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan
  4. Menghindari penggunaan air tanah sebagai pasokan awal instalasi pengolahan air. Penggunaan city water lebih baik karena selain lebih ramah terhadap lingkungan, kualitasnya juga lebih baik karena city water sudah dilakukan pre treatment sebelumnya sehingga kualitasnya akan lebih baik.
  5. Menggunakan peralatan yang hemat energy. Misalnya HVAC yang harus running 24 dilokalisir khusus untuk area tertentu yang memang memerlukan, untuk area lain hanya dinyalakan jika ada kegiatan. Pipa pipa steam dilakukan insulasi yang baik sehingga tidak banyak kalor yang terbuang.
  6. Membudayakan hidup bersih dan sehat kepada para karyawan sehingga terbawa sampai keluar pabrik budaya sehat dan  ramah lingkungan seperti tidak membuang sampah sembarangan, tidak menggunakan deodorant yang mengandung CFC, tidak merokok ditempat umum dll.
  7. Penanganan limbah yang padat. Untuk limbah padat yang tidak mengandung bahan berbahaya misalnya kardus bekas wadah botol, dapat dilakukan system daur ulang dengan cara bekerja sama dengan pihak kedua.
  8. Penanganan limbah cair yang baik. Harus dibuat instalasi pengolahan limbah baik untuk limbah industri maupun limbah domestik  serta dilakukan monitoring internal secara rutin dan dilaporkan hasilnya kepada dinas terkait.
  9. Penanganan limbah B3 harus dilakukan dengan benar  sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  10. Untuk ikut serta mencegah global warming,  menggalakan penanaman pohon di lingkungan pabrik.  Misalnya di tempat parkir, di dekat instalasi pengolahan limbah atau di lahan yang memang sengaja disediakan untuk taman atau tempat olah raga.
  11. Membuat banyak sumur resapan serta bio pori.
  12. Harus mengembangkan kegiatan CSR (corporate social responsibility), dan diupayakan agar hasilnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat sekitarnya guna membangun lingkungan sosial yang baik serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.
Mari kita selamatkan bumi, Salam Sukses!
 
Leave a comment

Posted by on November 10, 2011 in SAFETY

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: