RSS

UPAYA MENINGKATKAN SAFETY DI INDUSTRI FARMASI

10 Nov

suratman_great@yahoo.com

Upaya untuk meningkatkan keselamatan kerja dilingkungan industri farmasi dapat dilakukan melalui upaya yang  sungguh sungguh dan dilakukan secara  konsisten di berbagai tahapan proses. Antara lain :

  1. Melakukan improvement proses. Proses yang sudah berjalan dilakukan evaluasi untuk meihat potensi bahayanya, kemudian dilakukan perbaikan sehingga resiko bisa diminimalkan. Upaya ini dilakukan dengan beberapa cara misalnya :

–          Melakukan penggantian bahan. Misalnya proses coating tablet menggunakan pelarut organic yang sangat beresiko terhadap bahaya kebakaran digantikan dengan pelarut air

–          Melakukan penggantian mesin. Misalnya proses coding dengan mengunakan tinta beresiko mengkotaminasi produk dan berbahaya terhadap personel, digantikan dengan system embos.

–          Memodifikasi mesin. Misalnya mesin mesin dipasang cover dan jika cover dibuka secara otomatis mesin berhenti.

–          Merubah flow process. Misalnya proses granulasi basah  dengan pelarut organic digantikan dengan proses tenik slugging atau cetak langsung.

  1. Pembuatan SOP. SOP yang dibuat selain dapat menjelaskan secara rinci prosedur kerja yang harus dilakukan juga harus dapat mengakomodir aspek safety. Misalnya pada saat melakukan line clearance sebelum mulai proses di tambahkan pengecekkan kelengkapan APD. SOP untuk sanitasi harus dengan jelas mensyaratkan MSDS bahan kimia yang digunakan serta prosedur keamanan personel yang harus dilakukan sebelum melakukan sanitasi atau fumigasi. Selain itu dalam mendesain ruang clean room misalnya harus diakomodir fasilitas jalur evakuasi jika terjadi keadaan darurat.
  2. Karyawan yang terlatih. Safety lebih banyak tercipta karena kebiasaan/habit, sehingga personel harus dibentuk secara terus menerus agar mempunyai safety habit. Tidak cukup hanya dengan training kelas sekali kemudian selesai, sebaliknya harus diulang ulang dan setiap saat diingatkan terus menerus sehingga safety prosedur menjadi bagian dari habitnya, ini pun harus tetap dijaga, disinilah peran para atasan dan supervisor sangat diperlukan. Sangat baik jika diberikan reward bagi orang orang yang berprestasi dalam meembangun budaya safety serta diberi punishment sebagai upaya mendidik bagi yang melanggar. Sebagai contoh ada supervisor yang membuat aturan denda Rp 10.000 bagi yang masuk ruang kerja tanpa mengenakan APD, walaupun uang denda itu akhirnya setelah terkumpul digunakan untuk makan makan bersama, namun hal ini cukup efekti untuk membangun kesadaran safety.
  3. Pemberlakuan aturan khusus. Setiap kegiatan yang mempunyai potensi besar menimbulkan bahaya dibuat aturan khusus yang dalam pelaksanaannya diawasi secara ketat.Misalnya jika ada pekerjaan pengelasan, harus mendapatkan ijin kerja dari kepala Bagian Teknik. Contoh lain adalah pekerjaan bongkar muat BBM atau larutan mudah terbakar, perlu dibuat aturan khusus. Demikian juga pekerjaan pekerjaan berbahaya lain harus dibuat aturan khusus dibawah pengawasan yang ketat.
  4. PPE (personal protection equipment) atau APD (alat pelindung diri). Alat pelindung diri mulai dari pakaian kerja, sepatu, helm, respirator, kacamata digunakan sesuai dengan potensi bahaya yang ada diarea kerja. Namun jangan sampai disalah tafsirkan bahwa APD adalah satu satunya cara untuk mencegah kecelakaan, ini adalah keyakinan yang salah. Upaya lain dari no 1 s/d nomor 4 harus dimaksimalkan terlebih dahulu baru menggunakan APD. Bahkan seandainya dimungkinkan dilakukan improvement sehingga orang dapat bekerja dengan aman tanpa harus menggunakan APD ini adalah hal yang sangat baik.
Semoga bermanfaat, salam sukses!
 
Leave a comment

Posted by on November 10, 2011 in SAFETY

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: