RSS

MENGOPTIMALKAN PENYEMBUHAN SENDIRI

10 Dec

LIFE IS BEAUTYFULL

Allah SWT adalah Sang Pencipta yang sangat luar biasa, Dia sudah merancang semua ciptaannya dengan sangat sempurna. Tidak terkecuali adalah manusia, yang memang sudah dinobatkan sebagai khalifah dimuka bumi ini. Banyak sekali kelebihan yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia, salah satunya adalah dilengkapi manusia dengan system immune (daya tahan tubuh) yang bisa menangkal  serangan bibit penyakit yang dapat merugikan kita.

Renungkanlah, pada saat seorang berdiri dipinggir jalan, dan menghisap nafas,  dalam satu kali hisapan nafas jika diperiksa dengan miroskop canggih maka udara yang dihisap bisa mengandung jutaan bakteri, dari sekian banyak bakteri  sangat mungkin sekali ada bakteri penyebab penyakit berbahaya seperti Typhus, TBC, disentry, flu dll. Tapi kenapa orang tersebut tidak sakit, ya karena tubuh dapat menangkal kuman kuman penyakit yang masuk kedalam tubuh.

Setiap hari mengalaminya tanpa menyadarinya. Ketika tangan secara tidak sengaja terluka misalnya terkena pisau, dalam waktu beberapa hari meskipun tidak diobati luka tersebut akan menutup dengan sendirinya. Air yang dikonsumsi, makanan yang dimakan walaupun sudah dikategorikan sehat tapi semuanya TIDAK STERIL, jika diperiksa di laboratorium akan mengandung jutaan kuman dalam setiap porsinya. Memasak atau merebus air tidak menghasilkan makanan  dan minuman yang steril, tetapi hanya mengurangi jumlah mikroba. Tetapi tidak perlu khawatir, karena system daya tahan tubuh sudah siap melaksanakan tugasnya.

System daya tahan tubuh itu sudah dirancang sedemikian sempurnanya sehingga jika bisa berfungsi secara optimal dapat menangkal semua serangan penyakit. Tetapi dalam kenyataan kenapa banyak orang yang sakit? Yak karena system kekebalan tubuh tidak dapat berfungsi secara optimal yang disebabkan oleh :

1. Faktor stress dan pikiran negative

Jika dirangking, dari factor yang lain, maka factor stress adalah yang paling dominan ketimbang  factor yang lainnya. Stress bisa menimpa siapa saja , sering kali tidak disadari dan penyebabnya juga tidak selalu masalah besar. Sebagai contoh Seorang istri bisa stress gara gara suami sembarangan menaruh handuk, apalagi jika tidak cepat diselesaikan dan terpendam terus maka akibatnya bisa sakit. Suami juga bisa stress karena setiap pulang dicuekin istrinya yang lebih asyi nonton sinteron. Anak anak juga bisa stress gara gara disbanding bandingkan dengan anak tetangga. Jadi jangan beranggapan bahwa stress itu selalu harus disebabkan oleh masalah besar atau serius. Bahkan perasaan sebel sehabis mengikuti cerita dalam sinetron juga bisa menjadi contributor stress lho (padahal hanya film). Stress ini bersifat kumultaif, mulanya hanya perasaan tidak nyaman, kemudian terpendam dan menumpuk akhirnya muncul dalam bantuk penyakit.

Sistem fisiologi tubuh dapat terganggu oleh stress karena stress mempengaruhi otak, dimana otak adalah pusat computer (kalau mesin PLCnya) yang mengendalikan semua fungsi tubuh mulai dari tingkat sel, tingkat organ sampai system organ semuanya terganggu. Mekanisma yang paling sederhana dapat diilustrasikan sbb : Pada saat sedang marah, maka secara otomatis otak merespon dengan cara memerintahkan jantung untuk berdetak lebih cepat, lambung diperintahkan untuk memproduksi lebih banya asam lambung, jika ini berjalan terus maka akhirnya orang akan sakit mag dan pusing. Jika ini berlangsung secara terus menerus maka tentu akibatnya bisa lebih serius.

Untuk itu perlu dilakukan latihan pengendalian pikiran, agar tidak dukuasai oleh pikiran pikiran negative yang merusak. Pikiran pikiran yang positif berpengaruh sebailknya, merangsang dan mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh. Pernahkan anda mengalami hal seperi ini, ketika badan lelah pikiran capek pulang dari kantor, sesampai di rumah bertemu dengan anakanda tercinta yang lucu dan dengan riangnya  bercanda ria, mendadak rasa capek dan lelah hilang.

2. Faktor makanan

Makanan memang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan energy, untuk pertumbuhan dan penggantian sel yang rusak. Secara umum makanan harus memenuhi unsur kebersihan baik dari kuman maupun zat zat berbahaya lain misalnya residu insektisida, kandungan gizi harus cukup dan seimbang (tidak kurang dan tidak berlebihan). Kekurangan salah satu nutrisi misalnya vitamin, dapat menurunkan daya tahan tubuh, sebaliknya kelebihan nutrisi juga akan menjadi racun dari tubuh. Misalnya bagi seorang pekerja fisik makan sehari 3 piring nasi tidak masalah karena memang kebutuhan kaolorinya tinggi, tetapi bagi seorang pekerja kantoran jumlah tersebut mungkin berlebih sehingga menghasilkan timbunan lemak di perut. Makanlah ketika lapar dan berhenti makan sebelum kenyang, nasehat ini sangat bijaksana.

3. Kurang olah raga

Manusia secara kodrat ditakdirkan untuk bergerak, kaki manusia didisain untuk melangkah minimall 10.000 langkah setiap hari, jika tidak dilakukan ibaratnya seperti mobil yang tidak pernah dipakai, begitu dipakai untuk berjalan sedikit jauh tahu tahu  akinya tekor. Bagi tubuh olah raga sangat berguna untuk : membakar cadangan kalori dan lemak dalam tubuh, mengaktifkan metabolisme tubuh, melatih kekuatan dan kelenturan otot dan tulang, serta merupakan salah satu cara untuk melawan stress, karena dalam berolah raga kita bisa tertawa dan gembira. Olah raga juga bermanfaat untuk detoksifikasi racun karena dengan optimalnya metabolisme maka pengeluaran racun baik melalui keringat, air seni, feses maupu pernapasan dapat berjalan dengan optimal.

4. Kurang istirahat

Banyaknya aktifitas dan hiburan yang dilakukan menyebabkan waktu istrirahat kurang dipenuhi. Istrirahat adalah saat yang diperlukan oleh tubuh untuk melakukan recovery, mengistirahatkan pikiran dan organ organ tubuh agar kembali fresh. Pada saat yang sama juga terjadi proses detoksifikasi untuk mengeluarkan racun racun sisa metabolisme dari dalam tubuh. Kekurangan waktu istirahat dapat mengganggu sistem fisiologi tubuh, sehingga menjadi lelah dan mudah sakit.

5. Terlalu banyak terpapar racun

Ada dua macam racun pertama adalah racun berbentuk zat kimia, dan acun bebnetuk energy. Racun zat kimia misalnya mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi secara belebihan, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung bahan pengawet, memakan makanan yang banyak mengandung zat aditif lainnya, mengkonsumsi karbohidrat atau gula secara berlebihan dll. Racun berbentuk mikroba misalnya makanan yang diolah secara tidak higienis.

Racun energy misalnya tinggal didekat SUTET terdapat radiasi electromagnet yang berahaya. Radiasi hand phone, usahakan jika tidur jangan membawa hand phone. Radiasi dari TV, jangan terlalu banyak menonton TV. Banyak peralatan rumah tangga kita yang memancarkan gelombang elektromagnetik, usahakan jauhkan dari anda.

6. Faktor keturunan

Beberapa penyakit memang diketahui ada factor keturunan, misalnya alergi. Namun walaupun ada factor keturunan masih bisa dicegah atau diminimalkan.

7. Faktor usia

Faktor usia secara alamiah biasanya disertai dengan penurunan fungsi dari organ organ tubuh, namun tentu kondisi ini dapat diperlambat dengan pola hidup yang sehat. Dengan kemajuan teknologi, apalagi dengan perkembangan iptek yang canggih, banyak orang orang sudah berusia diatas 70tahun tetapi masih sehat dan masih bisa bekerja secara produktif

TEKNIK MENGOPTIMALKAN DAYA TAHAN TUBUH

A. MANAGEMEN STRESS

1. Berpikir positif

  • Usahakan setiap bangun pagi memanjatkan syukur
  • Usahkan banyak tersenyum misalnya jika bertemu teman, klien, rekan kerja dsb
  • usahakan banyak tertawa dan selalu gembira
  • Sambil bekerja perbanyaklah bersenandung/bernyanyi dalam hati
  • Setiap mendengar omelan atau hal hal yang tidak enak segeralah dihapus, dengan cara mengalihkan Perhataian dan konsentrasi ke hal hal yang menyenangkan misalnya melihat anak kecil, bernyanyi, melihat tanaman dll
  • Kurangi membaca Koran, kalaupun membaca cari hanya topic yang membuat senang. Jangan membaca berita koruptor atau hal hal lain yang membuat kesal
  • Kurangi menonton TV. Jika menonton cari hanya topic yang membuat senang misalnya musik, pengajian, kehidupan satwa, olah raga dll. Jangan menonton  berita koruptor atau hal hal lain yang membuat kesal dan frustasi.
  • Berlatihlah cuek terhadap omongan orang lain yang memang tidak ada gunanya buat kita
  • Perbanyak mendengarkan music kesukaan, melihat taman atau hal hal lain yang menyenangkan.
  • Luangkan waktu sekali kali seharian tanpa TV tanpa Koran tanpa hp, cobalah full sehari menikmati kebersamaan dengan anak atau istri, atau kita mengurus tanaman atau kita merubah letak meja kursi dirumah atau hal hal lain yang membuat kita tenggelam dalam keasyikan.

2. MEDITASI

Meditasi sangat baik untuk merelaksasi dan mengembalikan kesegaran tubuh serta mengusir pikiran pikiran negative yang merusak, ada dua teknik yang baik untuk dipraktekan setiap hari :

MEDITASI RELAKSASI

a. duduk bersila dengan santai, tetapi punggung harus tetap tegak, jangan membungkuk karena tulang belakang adalah bagian dari pusat syaraf  biarkan dia relax agar aliran energy chi bisa berjalan dengan baik. Letakan kedua tangan diatas paha meghadap keatas seperti orang sedang berdoa. Bernafaslah secara perlahan. Mulailah relax, mata boleh dipejamkan pusatkan pikiran untuk merasakan setiap tarikan dan hembusan.

Teruuuuus fokuskan fikiran hanya untuk merasakan setiap tarikan dan hembusan nafas, rasakan kepasrahan dan rasa syukur kepada Tuhan disetiap hembusan nafas. Teruus lakukan sampai benar benar seluruh badan relex mengikuti setiap tarikan dan hembusan nafas.

Setlah cukup bukalah mata perlahan lahan, tarik nafas dalam dan hembuskan dengan ucapak syukur terima Kasih Tuhan, ulangi lagi smpai 3 atau lima kali.

Lakukan secara rutin setiap hari minmal sekitar 15 sd 30 menit.

b. Jika tidak bisa bersila, bisa dilakukan berbaring diatas karpet tanpa bantal, punggung harus lurus. Tangan disamping badan menghadap keatas, posisi seluruh tubuh relax tidak tegang. Pernapasan usahakan dengan perut seperti saat  sedang tidur lelap.

MEDITASI PENYEMBUHAN

Posisi sama seperti meditasi relaksasi, mulailah relax, mata boleh dipejamkan pusatkan pikiran untuk merasakan setiap tarikan dan hembusan nafas. Lakukan persis sama seperti medtasi relaksasi.

Setelah seluruh badan relak pikiran sudah focus pada tarikan nafas, Lalu perlahan lahan bayangkan diri anda sedang duduk bersila atau berbaring (tergantung posisi anda) di tepi sebuah telaga penyembuhan. Rasakan suasana seperti di alam bebas, lalu dari danau keluar kepulan uap putih tipis, itulah kepulan energy penyembuhan,  yang tertiup angin sehingga melingkupi badan kita. Tetaplah benafas secara teratur (jangan bernafsu menarik energy tersebut karena energy itu harus ditarik secara perlahan dan alami), bayangkan anda menghisap energy penyembuhan tersebut secara perlhan dan teratur, rasakan kehangatan energy tersebut yang mengalir kedalam hidung, tengorokan,dada dan menyebar ke seluruh badan kita.Rasakan badan terasa ringan dan nyaman. Teruslah bernafas secara perlahan dan biarkan energy itu masuk sebanyak banyaknya mengisi setiap sel dalam tubuh kita.

Setelah dirasa cukup tarik napas dalam dalam dan hembuskan secara perlahan dengan penuh rasa syukur, terima kasih tuhan sampai 5 x.

Catatan : selama meditasi usahakan jangan ada hp atau TV atau alat electronic lainnya yang menyala di dekat anda.

B. Makan lah bawang putih minmal 3 siung perhari untuk memperkuat daya tahan tubuh

C. Minumlah teh hijau, jangan dicampur dengan gula karena teh hijau sangat baik untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker

D Makanan yang dianjurkan :

–          Karbohidrat dalam jumlah yang cukup(nasi atau roti), jangan berlebih

–          Sayuran segar : brokoli, buncis, kacang pajang, lobak, wortel, daun bayam, paprika, terong dll

–          Biji bijian : kacang merah, kacang polong, kedelai, tempe, tahu, kacang kapri, kacang hijau dll

–          Buah buahan dimakan langsung atau dijuice tomat, anggur mangga, melon, jeruk, nanas, jambu dll

–          Susu terutama susu kedelai atau susu yang rendah lemak. Youghurt baik untuk pencernaan

–          Bila ingin menumis gunakan sesedikit mungkin minyaknya, tambahkan air.

–          Madu asli sangat baik untuk menjaga stamina tubuh

–          Bila memang dirasa perlu boleh minum vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh

E Makanan yang dihindar atau minimal dikurangi :

–          Segala macam daging,   jika anda bisa tidak makan daging sama sekali minimal secara bertahap mengurangi sampai akhirnya berhenti sama sekali. Kebutuhan Protein tubuh bisa dicukupi dari tumbuh tumbuhan. Bagi penderita tumor  harus dihindari, karena daging dan lemak adalah pupuknya tumor.

–          Makanan yang digoreng. Apalagi pemakaian minyak goreng secara berulang merubah molekul minyak sehingga bisa menghasilkan senyawa radikal bebas yang sangat berbahaya.

–          Makanan yang mengandung bahan pengawet, bahan pewarna buatan, bahan penyedap dan bahan bahan kimia lainnya.

–          Daging atau ikan kaleng.

–          Produk olahan daging

–          Jika terpaksa makan makanan tersbut tambahkan bawang putih yang cukup banyak untuk penetralisir racun

G Yang wajib dihindari

–          Merokok

–          Minuman beralkohol

–          Narkoba

H. Olah raga

Bagi yang sudah rutin melakukan olah raga, pertahankan kebiasaan baik ini, bagi yang belum mulai biasakanlah untuk berolah raga secara teratur. Pilihlah olah raga yang disukasi dan lakukan secara rutin. Yang paling baik adalah olah raga dilakukan setiap hari, misalnya setiap pagi lakukan jogging selama 20 sampai 30 menit. Olah raga juga sangat baik untuk menjaga penampilan agar tetap slim dan tampak segar berseri.

I. Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup

Air adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk keperluan metabolisme, air merupakan media bagi berlangungnya segala reaksi biokimia tubuh. Air juga sebagai pengangkut bahan makanan dan energi di dalam sel. 80% dari berat badan kita adalah air. Dengan minum air yang cukup maka tubuh akan lebih segar, system fisiologis tubuh akan berjalan dengan optimal, pembuangan racun berjalan dengan lancar.

Ada fakta luar biasa dari air. Ternyata air itu bersifat hidup, penelitian terakhir yang dilakukan oleh  Dr  Masaru Emoto membuktikan bahwa air bisa merespon kata kata yang diucapkan. Misalnya jika diucapkan kata “cinta” maka air tersebut ketika dilihat dibawah mikroskop membentuk kristal yang indah. Untuk itu sebelum minum biasakan membisikan doa pada air yang akan diminum, energi positif dari doa akan dibawa oleh air dan masuk kedalam tubuh. Kita tidak perlu datang kepada paranormal untuk minta air suci, cukup ambil air satu gelas ucapkan doa sebanyak yang  kita mampu lalu glek, Isnya Allah menyehatkan.

J Istirahat yang cukup

Istirahatlah yang cukup, usahakan sebelum tidur badan  sudah bersih sehingga bisa beristirahat dengan nyaman. Jangan ada TV dikamar tidur, jauhkan atau matikan hp dari tidur anda untuk menghindari bahaya radiasi. Usahakan melepaskan pikiran pikiran negatif sebelum tidur, sehingga beristirahatnya bisa optimal.

 
Leave a comment

Posted by on December 10, 2011 in PENYEMBUHAN ALAMI

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: