RSS

KHASIAT JAHE UNTUK KESEHATAN

11 Dec

Jahe atau dalam bahasa ingris disebut ginger mempunyai nama latin Zingiber officinale sudah sejak lama dimanfaatkan oleh nenek moyang bangsa Indonesia baik untuk tujuan penyedap rasa masakan maupun untuk maksud penyembuhan serta meningkatkan kesehatan.

Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari bahasa Sansekertasingaberi.

Jahe diperkirakan berasal dari India. Namun ada pula yang mempercayai jahe berasal dari Republik Rakyat Cina Selatan. Dari India, jahe dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah. Kemudian pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang populer di Eropa.

Batang jahe merupakan batang semu dengan tinggi 30 hingga 100 cm. Akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kuning hingga kemerahan dengan bau menyengat. Daun menyirip dengan panjang 15 hingga 23 mm dan panjang 8 hingga 15 mm. Tangkai daun berbulu halus.

Bunga jahe tumbuh dari dalam tanah berbentuk bulat telur dengan panjang 3,5 hingga 5 cm dan lebar 1,5 hingga 1,75 cm. Gagang bunga bersisik sebanyak 5 hingga 7 buah. Bunga berwarna hijau kekuningan. Bibir bunga dan kepala putik ungu. Tangkai putik berjumlah dua.

Karena jahe hanya bisa bertahan hidup di daerah tropis, penanamannya hanya bsia dilakukan di daerah katulistiwa seperi Asia Tenggara, Brasil, dan Afrika. Saat ini Equador dan Brasil menjadi pemasok jahe terbesar di dunia.

Hasil penelitian tentang jahe kandungan bahan berkhasiat dalam tanaman jahe antara lain : zingeroneshogaols and gingerols. Jahe mengandung minyak atsiri  yang salah satu kandungan utamanya adalah sesquiterpenoids, dengan (-)-zingiberene sebagai komponen utamat.  Kelompok sesquiterpenoids yang lain yang juga ditemukan   (β-sesquiphellandrenebisabolene and farnesene) and a small monoterpenoidfraction (β-phelladrenecineol, and citral).

tanaman jahe

Batang jahe merupakan batang semu dengan tinggi 30 hingga 100 cm. Akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kuning hingga kemerahan dengan bau menyengat. Daun menyirip dengan panjang 15 hingga 23 mm dan panjang 8 hingga 15 mm. Tangkai daun berbulu halus.

Bunga jahe tumbuh dari dalam tanah berbentuk bulat telur dengan panjang 3,5 hingga 5 cm dan lebar 1,5 hingga 1,75 cm. Gagang bunga bersisik sebanyak 5 hingga 7 buah. Bunga berwarna hijau kekuningan. Bibir bunga dan kepala putik ungu. Tangkai putik berjumlah dua.

Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk) Monocots
(tidak termasuk) Commelinids
Ordo: Zingiberales
Famili: Zingiberaceae
Genus: Zingiber
Spesies: Z. officinale

Khasiat bagi kesehatan :

• Menurunkan tekanan darah. Hal ini karena jahe merangsang pelepasan hormon
adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir lebih cepat
dan lancar dan memperingan kerja jantung memompa darah.
• Membantu pencernaan, karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease
dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak..
• Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi
mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan
jantung.

• Mencegah mual, karena jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang
dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mual
akibat mabok perjalanan.
• Membuat lambung menjadi nyaman, meringankan kram perut dan membantu
mengeluarkan angin.
• Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang
disebabkan oleh radikal bebas.

PENYEMBUHAN FLU DAN BATUK

Jahe juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat mempercepat penyembuhan batuk atau influenza, dengan resep sbb : tiga potong jahe sukuran ibu jari, lalu potong potong tipis dan dimemarkan. Tiga batang sereh memarkan. Tambahkan 2 gelas air dan rebus sampai mendidih dan biarkan selama kuarng lebih 3 menit. Kemudian tuangkan kedalam gelas, tambahkan 3 sendok makan madu. Minumlah sehari 3 kali, insya Allah flu dan batuk segera sembuh.

MENGHILANGKAN CAPEK DAN PEGAL

Tiga potong jahe sukuran ibu jari, lalu potong potong tipis dan dimemarkan. Tiga batang sereh memarkan. Tambahkan 2 gelas air dan rebus sampai mendidih dan biarkan selama kuarng lebih 3 menit. Kemudian tuangkan kedalam gelas, tambahkan 3 sendok makan madu. Minumlah sehari 1 kali sebelum tidur, insya Allah bangun pagi badan segar.

PENGOBATAN REMATIK

Rematik adalah penyakit yang sangat menyiksa, karena mengganggu aktifitas sehari hari. Pengobatan secara modern juga sulit karena belum ada pengobatan yang bisa menyembuhkan secara tuntas, pengobatan yang ada hanya bersifat menghilangkan simptomatisnya saja. Selain itu obat rematik golongan NSAID umumnya bersifat mengiritasi lambung, sehingga menambah siksaan bagi penderita rematik. Inilah resepnya :

a. Diminum : Tiga potong jahe sukuran ibu jari, lalu potong potong tipis dan dimemarkan. Tiga batang sereh memarkan. Daun kelor, kulit batang kelor, dan kulit akar kelor cuci berish. Tambahkan 3 gelas air dan rebus sampai mendidih dan biarkan selama kuarng lebih 3 menit. Kemudian tuangkan kedalam gelas, tambahkan 3 sendok makan madu. Minumlah sehari 3 kali setelah makan, kombinasikan dengan baluran insnya Allah. Rematik hilang

b. Baluran : Jahe 2 batang diparut, sereh 2 batang, daun kelor, kulit akar kelor, kulit batang kelor dan sedikit kapur sirih. Bahan bahan tersebut ditumbuk sampai halus. Gunakan untuk baluran.

 
Leave a comment

Posted by on December 11, 2011 in OBAT HERBAL

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: