RSS

PAMEUNGPEUK : HIDDEN PARADISE IN THE SOUTH JAVA COASTAL

04 Feb

Kedamaian Alam Ranca Buaya

Nama Pameungpeuk barang kali masih terdengar asing  bagi sebagian orang, namun sekali datang kesana langsung akan terhipnotis oleh keindahan. Di atas peta Pameungpeuk terletak diujung  bagian selatan pulau Jawa, berbatasan dengan Samudra Hindia, masuk dalam wilayah kabupaten Garut. Pamengpeuk terletak sekitar 85 KM dari kota Garut atau dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam perjalanan. Sepanjang perjalanan menuju Pameungpeuk akan disuguhi pemandangan alam yang sangat menakjubkan, mulai dari alam pedesaan yang masih asri, hamparan persawahan yang membangkitkan perasaan damai, hamparan perkebunan teh yang sangat indah dengan hawanya yang sejuk yang kadang kadang dihiasi dengan kabut. Alam pegunungan yang begitu indah dengan hutannya yang masih terjaga, jalan yang berkelok kelok menyusuri tepi bukit akan memberikan kesan keindahan yang sulit untuk dilupakan. Dibeberapa ,lokasi ada tempat tempat beristirahat untuk menikmati kehangatan secangkir kopi sambil memandang hamparan alam yang masih hijau dari atas bukit. Kondisi jalan dari Garut menuju ke Pameungpeuk umumnya cukup baik, namun berhati hat dan  dipastikan kondisi kendaraan harus cukup prima serta pengemudi juga harus dalam kondisi fit,  karena kondisi  jalannyayang  berkelok kelok dan naik turun menyusuri tepi perbukitan dan jurang yang sangat dalam, bahkan dibeberapa lokasi  harus melewati tikungan dengan pandangan “blank spot “ sehingga diperlukan kewaspadaan ekstra.  Rute perjalanan dari kota Garut menuju Samarang, kemudian menuju kearah Cikajang kemudian  dilanjutkan kearah Pameungpeuk, jangan khawatir akan rasa jenuh, karena perjalanan ini akan sangat menyenangkan dan berkesan.

Keindahan Pantai

Pameungpeuk menawarkan keindahan pantai yang mengagumkan, dengan kondisi yang masih cenderung alami dan belum banyak tersentuh oleh modrnisasi. Keindahan pantai membentang dari Timur kebarat meliputi Pantai Sayang Heulang, Pantai Santolo, Pantai Cicalobak sampai dengan pantai Ranca Buaya. Dalam perjalanan dari lokasi paling Timur Pantai Sayang Heulang sampai ke Pantai Ranca Buaya pemandangan alamnya sangat indah. Pertama anda melewati kota kecamatan Pameungpeuk, kemudian melewati alam pedesaan dengan hamparan tanaman jagung dan tanaman padi di kanan kiri, dengan latar belakang  birunya laut disebelah kiri sertra keindahan pegunungan disebelah kanannya. Kondisi jalan cukup baik, dengan kontur jalan yang naik turun, sehingga bisa melihat luasnya samudra hindia dari atas bukit. Sesekali kita bertemu dengan sekelompok domba atau sapi yang terlihat sangat sehat dan gemuk, mungkin karena makanannya dilokasi tersebut yang sangat berlimpah. Dari atas bukit bisa berfoto ria dengan latar belakang laut atau hamparan sawah, atau dengan latar belakang pegunungan, semua bisa didapatkan.

Dibeberapa lokasi anda akan disuguhi pemandangan ngarai yang indah saat melewati sebuah jembatan, sejenak berdiri ditepi jembatan terasa seakan akan  sedang terbang dengan sebuah helikoter menyusuri perbukitan, melihat sungai dengan batu batu alam yang berwarna hitam dan airnya yang sangat jernih, serta hamparan sawah ditepinya.

Pantai Ranca Buaya

Keindahan pantai Ranca Buaya

Pantai ini masih terlihat alami dan bersih, memang sudah dikelola namun jumlah pengunjung masih relatif sedikit sehingga tidak terasa crowded. Pantai Ranca Buaya menawarkan hamparan pantai yang dihiasi oleh batu batu karang yang terlihat sangat indah dan serta hamparan pasir putih yang beriklau.

Berjalan jalan di bebatuan karang sambil mencari bintang laut atau kerang kerangan menimbulkan keasikan tersendiri. Bisa juga beristirahat dibawah pohon sambil duduk menikmati keindahan pantai. Bagi anak anak bisa puas bermain pasir yang memang masih sangat bersih. Tak jauh dari lokasi bisa dilihat kesibukan para nelayan yang hilir mudik menurunkan muatan ikan dari setiap perahu yang datang, serta terdapat lokasi pelelangan ikan. Sehingga bisa membeli ikan yang masih segar disana dan minta tolong dibakar atau digoreng sesuai keinginan kepada warung warung dilokasi terdekat, dijamin kenyang deh. Di siang hari yang terik, anda bisa menikmati segarnya es kelapa muda sambil duduk dibawah pohon ketapang seraya memandang luasnya samudra.

Ranca Buaya

Berjalan jalan menyusuri pantai diatas pasir putih dengan kaki telanjang  sambil menikmati terpaan angin laut yang segar mendatangkan kepuasan tersendiri,  bisa dengan bebas berekspresi jumpalitan, tidur tiduran  sesukanya. Bila datang berame rame bisa bermain bola voly pantai, sepak bola pantai atau sekedar berkejar kejaran  disana, pasti dijamin happy. Puas bermain bermain perut jadi lapar jangan khawatir bisa makan siomay, makan bakso atau makan ikan bakar di warung di lokasi terdekat, harganya dijamin nggak menguras kantong.

Pantai Santolo

Pantai Santolo menyajikan keindahan panorama pantai  dihiasi dengan kilauan pasir putih,  dengan bibir pantai yang cenderung curam, kurang cocok untuk berenang karena berbahaya. Berjalan jalan di bibr panati dengan pasir putihnya yang sangat halus akan memberikan keasyikan tersendiri, apalag melihat matahari tenggelam menjelang malam tiba, jangan lupa siapkan kamera anda.

Di beberapa lokasi tersedia rumah makan yang menawarkan makan sambil menikmati semilirnya angin laut, dengan hidangan menu khas pantai, berupa seafood. Terdapat juga toko sovenir untuk membeli oleh oleh mulai dari aneka kerajinan dari bahan kerang, baju pantai, bikini dan T shirt khas pantai sampai makanan kecil.

Di Santolo juga terdapat dermaga tempat bersandarnya perahu nelayan serta tempat pelelangan ikan hasil tangkapa para nelayan.

Pantai Sayang Heulang

Lokasinya sebelah timur pantai Santolo, suasana masih terasa alami. Pantai Sayang Heulang adalah objek wisata alam yang terletak di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, dengan temperatur antara 17 oC – 28 oC, penyinaran matahari di sekitar pantai terik, dan kekuatan tiupan angin cukup besar. Konfigurasi umum lahan berupa dataran dengan kemiringan curam pada daerah sekitar pantai dan stabilitas tanah yang baik. Kondisi perairan berwarna berwarna hijau kebiru-biruan dengan bau normal, temperatur normal, rata-rata tinggi gelombang 2 – 3 meter.
Kemiringan dasar laut curam dengan palung Jaut di sekitar pantai. Panjang pantai lebih dari 2 km dan lebar tepi pantai kurang dari 50 m dengan material pesisir pantai berupa hamparan pasir halus yang berwarna putih bersih. Tingkat abrasi di pantai tersebut dapat dikatakan tinggi yang dilihat dari bentukan pesisir pantai berjenjang antara daerah pesisir pantai dengan area fasilitas. Kualitas lingkungan dan kebersihan sekitar pantai dapat dikatakan baik, hal ini dapat dilihat dari kondisi pesisir yang masih bersih.

Akomodasi

Di daerah Pamengpeuk hanya ada satu buah hotel yaitu ANB Hotel yang terletak ditengah kota, yang menyediakan kamar dan bungalow yang cukup bersih dengan tarif yang tergolong murah mulai dari Rp 200.000 sampai dengan Rp 850.000. Dielengkapi dengan fasilitas  kolam renang dan waterpark, restoran yang menghadap kolam renang dan taman bermain air, sangat cocok buat  untuk berlibur bagi seluruh keluarga. Ini nomor yang bisa dihuungi : 0262-521270.

Di Pantai Ranca Buaya juga terdapat akomodasi Vila Jaya Sakti yang lokasinya sangat berdekatan dengan bibir pantai, menyediakan kamar yang cukup bersih dan fasilitas parkir yang luas dengan tarif antara Rp 300.000 sampai dengan Rp 500.000. Ini nomor yang dapat dihubungi : 081.322.623.695

Kuliner

Seperti daerah pantai pada umumnya, baik di pantai Ranca Buaya, Pantai Santolo anda bisa menikmati hidangan khas pantai berupa seafood yang lezat. Sebagai gambaran untuk satu porsi lobster yang terdiri dari 5 ekor ukuran sedang anda cukup merogoh kocek Rp 100.000. Hmmm….enak.

Menuju Ranca Buaya

Tim Expedisi Pamengpeuk

Santolo Beach West Java

Comander of Expedition

 
Leave a comment

Posted by on February 4, 2012 in JALAN JALAN, Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: