RSS

PELAJARAN DARI SEEKOR KUCING : CARA TUHAN MENJAMIN REJEKI HAMBANYA

29 May

Tuhan adalah maha pengasih dan penyayang kepada semua hambanya, dan sebagai bentuk kasih sayang-Nya, Tuhan telah menjamin rizkinya semua makhluk hidup entah itu manusia, hewan, tumbuhan, air, udara dll. Semua sudah dijamin rejekinya oleh Tuhan. Kisah berikut barang kali bisa memberikan inspirasi bagi teman teman.

Saya dan keluarga saya mempunyai kebiasaan memberi makan kepada kucing tetangga yang sering bermain di halaman rumah, saking terbiasanya si kucing sampai berani mendorong pintu dan menylonong masuk  manakala di dalam rumah terdengan suara sendok garpu. Sehingga meskipun kucing tersebut secara formal bukan kami yang memelihara, sudah akrab dengan semua penghuni rumah, bahkan seperti bagian dari keluarga kami.

Diantara kucing kucing itu ada yang jadi fovorit keluarga kami, namanya Moly kucing keturunan angora yang sangat cantik dengan bulu panjang berwarna kuning keemasan, tingkah lakunya sangat manja kalau kami datang selalu disambut dan mengososk gosokan kepalanya di kaki kami.

Suatu malam kami pergi  keluar untuk makan malam, selesai makan saya meminta kantong plastik kepada pelayan  untuk membungkus sisa sisa makanan sebagai hadiah untuk Moly. Begitu sampai di depan pintu gerbang saya dikagetkan oleh ulah kucing kecil, tampaknya kucing ini baru pertama kali bermain di halaman rumah saya, saya belum pernah melihat sebelumnya. Secara tiba tiba dia masuk ke kolong mobil bahkan duduk di persis didepan ban belakang. Kami mencoba mengusirnya mulai dengan dipanggil, diusir dengan ranting bahkan sampai diusir dengan sapu lidi tetap tidak mau pergi. Wah kami semua jadi kebingungan, karena bagian belakang mobil kami menghalangi jalan sementara mobil lain mau lewat.

Secara tiba tiba anak saya teringat, “ohhh…. Aku tahu,  dia mau minta makan malam!” lalu dengan segera mengambil sepotong ikan gurami, dan benar saja si kucing dengan girang segera dia keluar dari kolong untuk menikmati makan malamnya dan mobil kami bisa masuk.

Itulah kebesaran Tuhan, bahwa semua makhluk itu sudah dijamin rizkinya, bahkan sejak alam semesta raya ini dirancang Tuhan sudah menjamin rezeki semua makhluknya. Dari kisah di atas terdapat pelajaran yang bisa diambil sbb :

  1. Tidak usah diragukan, bahwa semua makhluk ciptaan Tuhan sudah dijamin rejekinya, kita tinggal berusaha menjemputnya. Kucuran rahmat itu seperti curahan air hujan, kalau kita hanya menyiapkan wadah satu cangkir maka hanya dapat satu cangkir, jika menyiapkan wadah satu ember maka akan mendapat satu ember.
  2. Bersikaplah optimis, berani menghadapi tantangan dan jangan mudah menyerah jika menemui hambatan, ingat bahwa rejeki yang kita minta sudah disediakan, hanya tinggal mengambil.
  3. Karena sudah dijamin oleh Tuhan maka kita harus menjemputnya dengan cara yang baik, yang diridhoi olehNya. Tidak perlu dengan cara yang merugikan orang lain, tidak perlu dengan cara membohongi orang lain dll. Wong yang halal saja banyak kok capek capek nyari yang haram.
  4. Bagi kita yang kebetulan dititipi rizki Tuhan untuk diberikan kepada orang lain, harap disegerakan. Misalnya hak karyawan jangan ditunda, segera berikan apabila dia sudah melaksanakan tugas kewajibannya.
  5. Demikian juga hak hak fakir miskin yang dititipkan Tuhan kepada kita harap segera dikeluarkan agar harta kita bersih. Berbahagialah kita yang dipercaya Tuhan untuk membawakan amanahNya untuk fakir miskin.
  6.  Selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan, berbahagialah karena dengan bersyukur dan bergembira biasanya mata kita akan lebih awas untuk melihat dimana rejeki untuk kita dititipkan Tuhan YME. Seperti awasnya kucing tadi melihat makanan yang kami bawa.
  7. Jangan takut resiko, resiko tidak perlu ditakuti sebaliknya resiko hanya perlu dikendalikan. Seperti kucing tadi sebenarnya resiko yang dia ambil sangat besar, bahkan bisa mati. Namun dia sudah meperhitungkan dari kebiasaan kami bahwa kami pasti nggak akan tega untuk menggilasnya, sebagai gantinya malah mendapat makan malam special.
  8. Dibalik resiko besar selalu ada keuntungan yang besar, sekali lagi jangan menghindari resiko, sebaliknya kendalikan resiko.

Demikian semoga bermanfaat. Salam Dahsyat!

 
Leave a comment

Posted by on May 29, 2012 in INSPIRASI 2

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: