RSS

Gaya Menagkap Malam Lailatul Qodar

14 Aug

Malam laylatul Qodar

Salah satu alasan kenapa bulan suci Ramadhan adalah bulan yang mulia adalah karena didalamnya ada satu malam yang dipenuhi dengan kemuliaan, dimana pada malam tersebut jika ada seorang hamba ada yang sedang beribadah, maka pahala ibadahnya akan dilipat gandakan sehingga seperti seorang hamba tersebut beribadah selama 1000 bulan  atau setara dengan beribadah selama 83 tahun. Bayangkan seandainya dalam seluruh hidupnya seorang pernah dua kali saja mengisi malam laylatul Qodar dengan ibadah maka dia sudah mendapat pahala seolah olah dia beribadah selama  168 tahun, kalau sampai 10 kali bertemu malam laylatul qodar maka dia mendapat pahala ibadah seolah olah beribadah selama 830 tahun.

Rasanya inilah jenis bisnis yang paling menguntungkan,  belum pernah ada satu jenisn bisnis ciptaan  manusia yang memberikan skema keuntungan seperti ini, belum pernah ada (mungkin tidak akan pernah ada) hotel didunia ini yang berani memberikan bonus hanya cukup membayar biaya untuk satu semalam maka boleh menginap selama 1000 bulan (atau 30.000 malam)!!! Weleh weleh!

Sayangnya tanggal datangnya malam Laylatul Qodar tidak dijelaskan, tapi pasti ada di salah satu malam diantara 29 atau 30 malam sepanjang bulan ramadhan, keterangan lain menyebutkan ancer ancernya di 10 hari treakhir. Nah berkenaan dengan hal itu tentu sangat disayangkan jika malam kemuliaan itu sampai lolos begitu saja, harus kita tangkap dan kita gunakan untuk ibadah sebanyak mungkin.

Ada beberapa gaya menangkap malam laylatul qodar antara lain sbb :

1. Gaya memancing ikan. Aadalah menanngkap malam Laylatul Qodar dengan cara menebak nebak. berdasarkan filling dan tanda tandanya maka begitu yakin inilah malam Laylatul qodar ia akan sangat rajin beribadah (tarawih, baca qur an, sedekah, berzikir, beristighfar dll). sementara dimalam yang lain gaya ibadahnya santai santai, plus jalan jalan ke mall. Namun gaya ini sangat tidak dianjurkan karena akurasinya untuk bisa menangkap Laylatul Qodar kurang bisa dipercaya.

2. Gaya Menjala ikan. Gaya ini adalah bgitu malam ke 21 maka mulailah memaksimalkan setiap malamnya dengan beribadah. Tidak pandang malam genap atau malam gantil pokoknya mulai malam ke 21 sampai malam ke 30 ibadahnya tancap terus, siang malam bila perlu minta cuti ke tempatnya bekerja agar bisa full konsentrasi ibadah. Tidak ada acara ke mall atau santai santai di 10 hari treakhir. Peluang untuk bisa menangkap mlam laylatul qodar dengan cara ini relatif lebih besar, dan gaya ini memang banyak dipraktekan juga oleh orang orang shaleh serta para ulama.

3. Gaya menjaring Ikan. Gaya jenis ini lebih luas jangkauannya dibandingkan gaya menjala ikan, dan tentunya akurasinya juga lebih baik. Yaitu dari mulai awal bulan, setiap malam ganjil selalu diisi dengan full ibadah secara maksimal, sementara malam genapnya agak nyantai, sempet juga jalan jalan ke mall.

4. Gaya pukat harimau. Nah Gaya treakhir inilah yang paling jitiu, Pokoknya begitu datang bulan Ramadhan mulai tanggal 1 s/d tanggal 30 full diisi dengan ibadah, selalu itikaf di masjid. Persiapan untuk ibadah jor joran ini sudah dilakukan sejak satu tahun sebelumnya, sehingga selama sebulan penuh dapat full konsentrasi hanya untuk ibadah kepada Allah. Semua pekerjaan dan kesenangan duniawi ditinggalkan, spesial hanya untuk mencari ridlo Allah. Nah kalau sudah dengan gaya ini, insya Allah malam Laylatul Qadar pasti dapat ditangkap sehingga kita bisa sukses menjalankan ibadah Ramadhan dengan predikat sebagai orang yang bertaqwa.

Monggo pilih salah satu yang sampeyan suka! Wassalam.

 
Leave a comment

Posted by on August 14, 2012 in MARHABAN YA RAMADHAN

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: