RSS

TIPS AMAN MENGGUNAKAN OBAT

11 Oct

Obat adalah suatu zat baik yang berasal dari hasil sintesis kimiawi maupun berasal dari tumbuh tumbuhan atau binatang, yang digunakan untuk berbagai tujuan mulai dari penyembuhan penyakit, untuk mencegah penyakit, untuk mengurangi gejala penyakit, untuk substitusi zat zat dalam tubuh, untuk meningkatkan derajat kesehatan bahkan untuk menambah kecantikan/keindahan tubuh.

Berbeda dengan makanan, sebagian besar obat obatan dikonsumsi oleh orang yang sedang sakit, sehingga bisa dipastikan kondisi daya tahan tubuh sedang dalam kondisi lemah bahkan kritis. Kondisi ini tentu menuntut kehatian-hatian dalam pemakaian obat obatan agar tidak terjadi hal hal yang merugikan. Hal ini menjadi tanggung jawabn bersama semua pihak dari mulai pemerintah, produsen, rumah sakit, apotek, toko obat dan konsumen itu sendiri.

Sebagai bentuk tanggung jawabnya, pemerintah melalui BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan)  sekarang sudah menetapkan persyaratan yang ketat dalam produksi obat, karena semua obat yang beredar harus diproduksi sesuai dengan persyaratan CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), bahkan Indonesia sudah menjadi anggota PICS (Pharmaceutical Inspection Convention and Pharmacetical Inspection Cooperation Scheme) yang artinya CPOB Indonesia sudah diakui dan setara dengan CPOB Negara Negara Eropa. CPOB mengatur segala hal tentang cara memproduksi obat hingga penyimpanan dan pendistribusiannya untuk menjamin kualitas obat sampai di tangan konsumen.

Tanggung jawab konsumen dalam hal ini juga sangat penting, karena konsumen adalah tujuan akhir dari jalur distribusi obat, konsumen juga yang akan merasakan manfaatnya jika dikonsumsi dengan benar maupun kerugiannya apabila salah dalam mengkonsumsinya.

Inilah beberapa tips yang aman dalam menggunakan obat obatan :

  1. Pilihlah obat obat yang asli agar terjamin kualitasnya. Untuk memastikan asli dan tidaknya bisa dilihat nomor regsitrasinya yang menunjukan bahwa obat tersebut sudah terdaftar di BPOM, jika ragu anda bisa mengecekknya di website BPOM
  2. Belilah obat ditempat yang resmi, seperti apotek maupun toko obat yang berijin.  Jangan membeli obat di tempat tempat yang tidak resmi atau pembelian on line di internet dari citus citus yang tidak tertelusuri baik lokasi maupun perijinannya
  3. Selalu periksa tanggal kadaluarsanya, tolaklah bisa terdapat tanda tanda mencurigakan misalnya tanggal kadaluarsa terlihat bekas hapusan
  4. Simpan obat sesuai yang tertera pada label kemasan, misalnya ada obat obatan bisa disimpan pada suhu ruangan biasa dibawah 30o C, adapula  yang harus disimpan pada suhu 5- 15o C. Penyimpanan yang salah akan merusak stabilitas obat sehingga bahan bahan aktif didalam obat menjadi berkurang khasiatnya atau hilang khasiatnya atau bahkan bisa terurai menjadi zat zat lain yang berbahaya
  5. Biasakanlah memperhatikan bentuk, warna, rasa dan bau obat. Jangan diminum apabila sudah terjadi perubahan. Misalnya jika tablet sudah ada bintik bintik hitam, atau ada bau menyengat yang tidak sepeti biasanya, atau tabletnya sudah terlihat hancur.
  6. Konsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter atau yang tertera di kemasan jika obat yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Jangan mengkonsumsi secara berlebihan karena tidak baik bagi tubuh anda.
  7. Jika anda menyimpan persediaan obat pastikan kondisi ruang penyimpanan sesuai dengan yang tertera pada kemasan, dan selalu dicek jangan sampai melebihi tanggal kadaluarsa.
  8. Jauhkan obat obatan dari jangkauan anak anak
  9. Jangan diberikan jika ada orang yang berkeliling di perumahan anda yang bermaksud membeli obat kadaluarsa dengan dalih untuk digunakan sebagai obat hewan. Obat obatan untuk binatang berbeda dengan obat untuk manusia dan juga mempunyai persyaratan yang juga ketat, tidak mungkin obat kadaluarsa bisa digunakan untuk hewan. Ini adalah salah satu modus pemalsuan obat.
  10. Jangan terkecoh iklan yang bombastis, apalgi terkesan magis. “Ini obat mempunyai kekuatan ajaib tanpa efek samping” . Percayalah bahwa semua obat baik herbal maupun kimiawi bekerja berdasarkan prinsip prinsip pharmakologi yang logis dan scientific. Justru malah curiga jika ada obat yang khasiatnya “tidak logis”. Misalnya krem yang bisa membuat kulit hitam jadi “cling putih” dalam sehari.
  11. Waspadai penjual obat obat illegal yang menjual obat obat disfungsi ereksi misalnya Viagra atau pil (sildenafil citrate)  biru yang ditawarkan sebagia penambah kekuatan sex pria, baik dijual di pinggir jalan maupun on line. Demi keamanan obat obat disfungsi ereksi hanya boleh digunakan atas rekomendasi dokter dan hanya bisa dibeli di apotek dengan resep dokter. Penggunaan tanpa rekomendasi dokter bisa menyebabkan efek samping yang berbahaya, misalnya jika pada konsumen terdapat kondisi yang tegolong kontra indikasi dengan obat disfungsi ereksi tersebut.

Demikian semoga bermanfaat. Salam Dahsyat!

 
Leave a comment

Posted by on October 11, 2012 in FARMASI

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: