RSS

SOLUSI BANJIR JAKARTA

27 Jan

Banjir di Jakarta, menjadi kata yang begitu familiar saat ini, setiap turun hujan seberapa intensitasnya selalu terdengar kata banjir. Banjir adalah fenomena yang begitu akrab dengan kota Jakarta, tidak pandang warga pinggiran sungai maupun warga perumahan elit semua sudah pernah didatanginya. Sangat menyedihkan bahwa kondisi ini sudah berlangsung lama, bertahun tahun tidak ada jalan keluar untuk mengatasinya secara  tuntas. Penganganan yang ada hanya bersifat responsif (managemen pemadam kebakaran), tidak pernah menyentuh akar permasalahan.

Sudah menjadi kaidah umum, bahwa semua permasalahan saat ini tidak bisa diselesaikan dengan cara cara masa lalu yang terbukti tidak efektif. Pengulangan tindakan yang sama hanya akan menghasilkan hasil yang sama, yaitu kegagalan maka alhasil permasalahan tidak bisa diselesaikan. Seolah olah warga jakarta harus nerimo apa adanya, tanpa bisa berbuat apa apa, sebegitu parah kah?

PERLU CARA PANDANG BARU

Diperlukan terobosan cara pandang baru untuk mengatasi langganan banjir di Jakarta, tentunya berbeda dengan cara cara sebelumnya, cara pandang baru tersebut antara lain :

a. Integrasi tindakan pemecahan masalah banjir dengan semua departemen terkait dan antar wilayah. Masalah banjir di jakarta tidak bisa dipecahkan oleh pemerintah Jakarta, tetapi harus melibatkan pemeritah Jawa Barat, pemeritah propinsi Banten, dan pemerintah pusat. Semua tindakan harus terintegrasi.

b. Berorientasi jangka panjang, bukan hanya mengatasi masalah sesaat, tetapi terlebih daripada itu harus bersifat mencegah/antisipasi terulangnya bahaya banjir

c. Memperbaiki tata ruang wilayah  baik di Jakarta, propinsi Jawa Barat, maupun propinsi Banten

d. Dukungan dari pemerintah pusat, serta partisipasi da kesadaran seluruh rakyat, tanpa ini semua program hanyalah menjadi sebuah wacana.

SOLUSI PERMASALAHAN

Untuk mengatasibanjir perlu dilakukan perbaikan sebagai berikut :

1. Meningkatkan/revitalisasi penyerapan air di daerah hulu. Misalnya dengan reboisasi untuk wilayah hutan yang gundul, serta menggalakan pembuatan sumur sumur resapan diseluruh perumahan baik di wialyah hulu sungai maupun di wialayah lainnya. Sebagai ilustrasi misalkan pada saat hujan satu sumur resapan bisa menahan 1 meter kubik air, dan di wilayah bogor ada 20.000 perumahan yang dilengkapi sumur resapan maka sumur resapan tersebut dapat menahan 20.000 meter kubik air untuk tidak dikirim ke Jakarta. Apalagi jika ditambah dengan biopori tentu akan lebih efektif lagi.

2. Pembuatan kantong kantong air baik diwilayah hulu maupun sepanjang aliran sungai. Kantong air ini berupa waduk, selain bisa dimanfaatkan sebagai sumber air minum dimusim kemarau, waduk ini juga bisa dimanfaatkan untuk pariwisata, irigasi pertanian, perikanan dll. Memang setelah lengsernya orde baru praktis tidak ada pembangunan infrastruktur seperti ini.

3.  Revitalisasi sungai dan saluran air. Saat ini banyak kanal yang menglami pendangkalan, penyempitan atau sudah padat oleh  perumahan kumuh. Tentu kondisi ini sudah tidak maksimal untuk mengalirkan kiriman air dari hulu. Revitalisasi ini tentu bisa dilakukan dengan perbaikan kanal yang ada atau pembuatan kanal kanal baru misalnya dengan konsep deep canal.

4. Partisipasi dari seluruh warga untuk menjaga semua fasilitas saluran air, misalnya dengan selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah ke saluran air. Saat ini cukup kesadaran masyarakat seperti ini, sehingga yang terjadi adalah petugas kebersihan matian matian membersihkan sampah dari sungai, sementara di lai pihak warga dengan cueknya membuang sampah ke sungai, benar benar kekonyolan yang sama sekali tidak lucu.

5. Harus ada long ring plan untuk mengatisipasi banjir, sehingga siapapun yang menjabat Gubernur, kebijakan ini harus tetap secara konsisten dilaksanakan.

Semoga kedepan jakarta tidak banjir lagi. Wassalam

Pengatasan banjir jkt

 
Leave a comment

Posted by on January 27, 2013 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: