RSS

Sawarna Beach, The Hidden Paradise

02 Apr
Sawarna beach

Sawarna beach

Sawarna adalah desa yang terletak di pesisir pantai selatan bagian barat, masuk dalam wilayah kecamatan Bayah, kabupaten Lebak Propinsi Banten. Pantai Sawarna ini menawarkan keindahan laut biru dengan pantai berpasir putih dikombinasikan dengan batu karang nan elok, serta kondisi alam yang cenderung masih alami belum banyak tersentuh oleh modernisasi menjadikannya pantai dengan keindahan yang sempurna. Konon keindahannya tidak kalah dengan pantai indah lainnya  seperti di Kute atau Sanur bahkan  Hawai. Bagi para penjelajah yang senang berwisata menikmati keindahan pantai di seantero Nusantara atau dunia, sangat disayangkan kalau sampai dilewatkan surga tersembunyi ini, karena letaknya tidak begitu jauh dari Jakarta, hanya sekitar 250 km atau enam sampai tujuh jam berkendara mobil pribadi.

Rute Perjalanan Menuju Sawarna Beach dari Jakarta

Dari Jakarta ada 2 rute yang bisa ditempuh untuk sampai ke Sawarna Beach, yaitu rute barat melewati pandegelang, dan rute Timur Lewat Sukabumi, keduanya sama jauhnya tetapi menawarkan pemandangan yang berbeda.

Rute Barat via Pandegelang : dari Jakarta kita menuju kearah serang melalui tol Kebon Jeruk, Tol Jakarta Tanggerang lalu dilanjutkan tol Merak, selanjutnya keluar tol di serang Timur, ambil arah menuju Pandegelang. Dari Pandegelang lanjut ke arah Saketi, disini melewati perkampungan dengan udara yang cukup segar, hanya sedikit tanjakan. Dari saketi dilanjutkan kearah Malingping rute ini melewati perkampungan dan perkebunan kelapa sawit jalan sedikit naik turun, lalu dari malingping menuju Bayah dimana rute ini melawati pinggiran pantai dengan pemandangan yang indah, setelah itu masuk ke Kawasan Wisata Sawarna.

Rute Timur via Sukabumi : dari Jakarta masuk tol Jagorawi, keluar Ciawi Bogor, lalu lanjutkan kearah Sukabumi, begitu sampai di Cibadak ambil kanan kearah Pelabuhan Ratu, dari Pelabuhan Ratu dilanjutkan kearah Cisolok lewat Citepus dan Karang Hawu dimana keduanya juga pantai yang indah. Lalu lanjutkan lagi kearah Bayah sampai bertemu dengan Kawasan Wisata Sawarna. Dari Pelabuhan Ratu menuju ke Sawarna melewati pinggir pantai dengan pemandangan yang begitu indah, kondisi alam berupa hutan dan perkebunan dengan banyak tanjakan dan turunan, betul betul keindahan yang sempurna.

Obyek Wisata menarik di Sawarna

Pantai Ciantir

Ciantir Beach

Ciantir Beach

Pantai Ciantir adalah pantai dengan hamparan pasir putih luas  yang sangat halus, dengan ombak yang cukup besar. Pasir putihnya yang lembut sangat cocok untuk mengadakan permainan pantai seperti voly pantai, juga sangat bagus bagi anda yang ingin sekedar berfoto dengan latar belakang pantai berpasir putih dan birunya laut. Untuk menuju lokasi  ini dari jalan raya, anda harus memarkir kendaraan dan dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih 3 km melewati jembatan gantung yang khas, anda bisa perfoto ria di jembatan, tetapi hati hati jangan terlalu banyak karena kapasitas jembatan terbatas. Tidak jauh dari pantai Ciantir ini terdapat pantai Tanjung Layar. Dan jangan lupa karena anda harus berjalan kaki yang lumayan jauh melewati desa wisata maka gunakan sepatu cat atau sandal gunung yang nyaman dipakai, jangan sampai kaki lecet gara gara salah sepatu atau sandal.

Tanjung Layar

Tanjung  Layar

Tanjung Layar

Tanjung layar letaknya berdekatan dengan Ciantir, berjalan menyusuri pantai sekitar 1 km sudah sampai di Tanjung layar, berbeda dengan Ciantir, Tanjung layar banyak didominasi oleh batu karang, dan ada dua batu karang yang menjulang tinggi.  Mungkin karena bentuknya yang menjulang tinggi seperti layar perahu nelayan maka daerah ini disebut Tanjung Layar. Di dekat batu karang bsesar terdapat batu yang berbentuk mirip kura kura lengkap dengan kepalanya yang keluar.

Ombaknya sangat besar dan hancur membentur batu karang yang terlihat berdiri kokoh, anda bisa berjalan jalan diatas batu karang sambil mencari kerang atau bintang laut. Di sore hari tempat ini adalah lokasi yang sempurna untuk mendapatkan Sun set,  maka tidak heran jika banyak pemburu gambar yang sudah stand by ditempat ini menjelang matahari tenggelam. Langit yang memerah dipantulkan oleh air laut sehingga berwarna keemasan, dan permukaan batu karang yang berongga rongga memantulkan cahaya kemerahan yang khas menambah kesempurnaan keindahan senja di Tanjung Layar.

Kepuasan anda belum sempurna jika tidak menikmati kesegaran es kelapa muda khas tanjung layar ini, kelapa muda hijau dengan butiran es batu dinikmati di tepi pantai dengan deburan ombak yang alami diisang hari yang terik akan memberikan kesegaran yang tidak pernah terlupakan. Jika beruntung anda bisa bertemu nelayan yang menenteng ikan atau lobster hasil tangkapan, anda bisa langsung bernegosiasi untuk membelinya, jangan khawatir harganya dijamin tidak mahal kok.

Legon Pari

LegonpariMasih di Kawasan Wisata Sawarna Legon Pari atau Pari Lagun, adalah pantai berbentuk laguna, dengan pasir putihnya yang lembut. Sama seperti Ciantir atau Teluk Layar, untuk menuju ke Legon Pari anda harus memarkir kendaraan dan berjalan kaki melewati jembatan gantung, dilajutkan mendaki dua buah bukit dan melintasi kebun dan sawah, jaraknya kurang lebih 3 km barulah sampai di Legon Pari. Ditepi pantai anda bisa sekedar duduk duduk, bermain pasir putih, berfoto foto atau bermain air di pinggiran pantai, tetapi hati hati jangan terlalu ketengah karena pantai ini tidak diperutukan untuk berenang mengingat bibir pantainya yang curam, tidak ada life guard disana tetapi anda bisa berkonsultasi dengan nelayan setempat demi keamanan selama berwisata. Tempat ini sempurna bagi anda yang ingin melihat keindahan sun rise di pagi hari.

Pulo Manuk

Pulo Manuk

Pulo Manuk

Pulo Manuk adalah pantai berbentuk laguna, dengan banyak batu karang ditepinya, serta sebuah batu karang besar yang menjulang, menurut cerita penduduk setempat dulu di batu karang tersebut dihuni oleh sekawanan burung sehingga disebut Pulo Manuk yang artinya Pulau Burung.

Tepi pantai ditumbuhi oleh pohon pohon besar dan banyak dihuni oleh kawanan monyet, anda bisa dengan mudah melihat monyet monyet bergelantungan diatas pohon bahkan kadang kadang berani turun untuk meminta makanan.

Jika anda beruntung pantai dalam keadaan surut anda bisa menyebrang ke Pulo manuk hanya dengan berjalan kaki, tidak perlu menggunakan perahu karena pada saat surut kedalaman air laut hanya selutut orang dewasa. Obyek indah di Sawarna lainnya yang layak anda kunjungi adalah Gua Langir dan Gua Lalay.

Mantap

Mantap

 

Akomodasi

Anda jangan berharap tersedia hotel berbintang disana, tapi jangan khawatir, untuk bermalam anda bisa tinggal di rumah penduduk yang memang sengaja disewakan untuk para wisatawan (home stay) atau ada penginapan sederhana yang banyak tersedia disepanjang jalan Sawarna.

Ini beberapa akomodasi yang bisa dihubungi :

– Little Hula Hula Resort HP 087771133870

– Saung Tumenggung Hp 081395220317

– home stay  no HP 085259055425 dll.

– Untuk resto belum ada, hanya ada café di Little Hula Hula yang menyediakan Menu khas pantai yaitu sea food.

Penasaran kan, cobain deh datang dijamin nggak pengen pulang deh! Selamat berpetualang!

Batu kura kura

Batu kura kura

Mendaki Bukit

Mendaki Bukit

 
Leave a comment

Posted by on April 2, 2013 in JALAN JALAN

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: