RSS

Uje, Anak Muda yang Perlu Diteladani

27 Apr

Mungkin karena jarang nonton TV, dan kuper untuk buka buka status jejaring sosial, saya terlambat baru mendengar kabar kepergian sang ustad gaul itu pagi hari saat bertemu dengan seorang sahabat ditangga karena sama sama baru selesai memarkir kendaraan dan beliau bercerita tentang kepergian Uje.

Saya merasa kaget, apalagi katanya kecelakaan dari motor Kawasaki Ninja, wah tambah kaget dan sedih. Bagimanapun Uje adalah sosok pemuda yang sudah banyak memberikan jasanya kepada negara ini. Uje adalah sosok pemuda yang  tiada pernah lelah untuk melakukan amar ma’ruf nahi mungkar, dengan gayanya yang khas sehingga bisa diterima oleh kalangan yang selama ini sulit tersentuh oleh dakwah dengan gaya konvensional.

Dan dari keterangan yang diberikan oleh keluarganya, salah satu alasan Uje senang naik motor adalah keinginannya untuk bisa masuk ke komunitas anak muda, agar bisa beramar ma’ruf nahi  mungkar, yang selama ini belum tersenuth oleh para pendakwah lain. Ini tentu pelajaran yang sangat berharga bagi para pendakwah, perihal terobosan baru gaya berdakwah.

Uje diusianya yang masih tergolong muda sudah banyak memberikan pencerahan kepada masyarakat luas, memberikan dakwah kepada anak anak muda dengan gayanya yang khas sehingga misinya bisa dengan mudah diterima. Selain itu banyak keteladanan yang dia contohkan, mulai dari cintanya kepada keluarga, sikap dermawannya, serta kegiatan dakwahnya yang tiada pernah berhenti.

Metode dakwanyapun sangat beragam mulai dari pengajian, ceramah, lagu religi, film, sinetron serta melalui jejaring sosial, lengkap sekali. Terobosan baru inilah yang menyebabkan dakwahnya bisa diterima oleh masyarakat luas.

Kita doakan semoga Allah SWT menerima segenap Iman, Islam, serta kesalehannya, serta diberikan ampunan terhadap kekhilafannya. Dan yang lebih penting semoga Allah segera memberikan ganti ustad ustad lain yang seperti beliau atau bahkan elbih baik lagi. Saya ingat pada satu kesempatan khutbah jum’at, jika kita ditinggalkan oleh seorang pejabat jangan terlalu bersedih karena dalam waktu dekat akan segera ada gantinya, tetapi kita harus bersedih jika ditinggalkan oleh seorang ulama, karena ulama adalah sosok yang langka, dan tidak bisa diciptakan dengan cara “karbitan”, perlu proses yang panjang. Ya Allah terangilah kami dengan Engkau turunkan para ulama yang membawakan cahaya-Mu, agar kami dapat selalu berpegang kepada tali-Mu. Amien. Alfatiah!

 
Leave a comment

Posted by on April 27, 2013 in Event special

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: