RSS

HOW TO CALCULATE THE CAPACITY OF PHARMA WATER PURIFICATION

30 Jul

Air adalah salah satu sarana penunjang yang sangat dibutuhkan dalam proses manufacturing produk farmasi. Air dalam industry farmasi dikenal ada beberapa jenis antara lain :  water, purified water dan Water for injection.

Drinking water atau potable water biasanya digunakan sebagai raw water untuk memproduksi purified water dan water for injection. Sedangkan PW digunakan sebagai bahan baku, bahan pembantu atau hanya untuk pencucian alat alat untuk produk farmasi non steril, misalnya sediaan tablet atau syrup. Sedangkan WFI biasanya digunakan sebagai bahan baku, bahan pembantu atau untuk pencucian peralatan yang digunakan untuk produk sterile.

Dalam medesain system pengolahan air, hal yang paling mendasar adalah berapa kapasitas yang dibutuhkan. Pertanyaan ini sepintas sepertinya mudah dijawabnya, tetapi sebenarnya harus dilakukan perhitungan secara matang agar tidak terjadi kesalahan fatal dikemudian hari. Sebagaimana diketahui SPA adalah salah satu system penunjang yang untuk pembuatannya memerlukan biaya yang mahal, sehingga harus dihitung secara cermat berapa kapasitas yang debenarnya dibutuhkan, dan harus dipastikan bahwa kapasitas tersebut masih cukup untuk lima tahun kedepan, atau minimal untuk 3 tahun sampai biaya investasi bisa kembali. Juga harus dipastikan bahwa desainnya dapat mencukupi flow rate yang dibutuhkan pada peak time.

Untuk itu ada tahapan yang harus dilakukan dalam melakukan perhitungan kapasitas SPA :

  1. Lakukan pendataan aktifitas aktifitas yang membutuhkan purified water
  2. Lokasi dimana dibutuhkan purified water, hal ini berguna untuk menentukan posisi user pointnya
  3. Mendata kebutuhan air untuk setiap jenis aktifias yang meliputi : lokasi/ruangan, waktu kapan akitiftas tersebut dilakukan dan jumlah air yang ibutuhkan serta flow ratenya
  4. Menghitung kebutuhan purified, serta membuat estimasi kebutuhan untuk 3 sampai 5 tahun kedepan
  5. Menentukan kapasitas storage tank, misalnya harus dapat menampung purified water guna memenuhi kebutuhan operational pabrik untuk minimal 1 shift.
  6. Menentukan kapasitas unit SPA.Agar lebih mudah dapat di buat ilustrasi data pemakaian purified  seperti berikut ini silahkan klik  CARA MENGHITUNG KAPASITAS SISTEM PENGOLAHAN AIR-1
 
Leave a comment

Posted by on July 30, 2013 in FARMASI

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: