RSS

TIPS MENGATASI NGANTUK SELAMA MENGEMUDI

28 Dec
Safe Driving

Safe Driving

AWAS MENGANTUK!

JANGAN MENGEMUDI SAMBIL MENGANTUK!

 

Ucapan itu sudah sering sekali kita dengarkan atau kita baca. Memang benar mengemudi adalah salah satu aktifitas yang memerlukan konsentrasi tinggi, mengingat jika sampai terjadi kelalaian maka resiko sangat besar baik bagi diri sendiri maupun orang lain, bahkan bisa sampai menimbulkan korban jiwa.

Jadi cara yang paling benar jika kita mengantuk adalah jangan mengemudi. Istirahat yang cukup, setelah kantuknya hilang dan badan segar baru kita boleh mengemudikan kendaraan kembali. Namun harus diperhatikan pulat bahwa menghentikan kendaraan untuk tujuan beristirahat harus ditempat yang aman agar tidak membahayakan bagi pengendara lain.

Namun sering kali saat sedang mengemudikan kendaraan tiba tiba kantuk datang menyerang, sementara posisi saat ini masih cukup jauh dari tempat peristirahatan yang aman. Maka dengan kondisi tersebut terpaksa kantuk harus ditahan sekuat tenaga sampai diketemukan tempat istirahat yang aman.

Inilah beberapa tips yang dapat dipraktekan untuk mengatasi kantuk selama anda mengemudi, sampai diketemukan tempat peristirahatan yang aman.

1. Mengobrol
Mengobrol dengan teman selama dalam perjalanan adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi kantuk yang menyerang. Berbicara akan merangsan gerakan otot di sekitar muka yang dapat menstimulasi peredaran darah dikepala sehingga supply oksigen ke otak akan meningkat.

2. Bernyanyi
Jika anda sendiri atau kawan anda sudah tertidur sehingga tidak ada teman yang bias diajak 4 mengobrol, anda bisa memutarkan lagu kesayangan anda, kemudian anda bernyanyilah dengan suara yang cukup keras. Aktifitas bernyanyi, apalagi dengan ditambahkan factor perasaan gembira maka hal akan merangsang system otak sehingga lebih segar. Akibatnya kewaspadaan meningkat. Namun konsentrasi harus tetap focus, tidak boleh terlarut oleh lagu jadi lupa mengemudi.

3. Menggerakan mata kekanan kekiri
Melirik mata ke kanan dan kekiri, misalnya sering sering melirik kaca sepion adalah juga cara bisa membantu menghilangkan kantuk. Gerakan mata kekanan dan kekiri dapat menstimulasi kerja otak sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan.

4. Mengoyangkan/menggerakan kepala
Menggerakan/mengoyangkan kepala kekanan dan kekiri sambil dipijit pijit atau di ketuk ketuk diketahui dapat membantu meningkatkan peredaran darah kekepala sehingga kewaspadaan meningkat.

5. Memakan kacang kulit
Memakan kacang kulit adalah aktifitas yang sangat bagus untuk mengatasi kantuk karena makan kacang kulit melibatkan banyak aktifitas antara lain : gerakan mulut untuk mengigit kulit kacang, memisahkan bijinya kemudian mengunyahnya, tangan memngambil kacang dari wadah dan membuang kulit kacang dari mulut ketempat sampah. Kegiatan ini memerlukan konsentrasi ekstra sehingga otak dirangsang untuk lebih aktif akibatnya kewaspadaan meningkat.

6. Membasahi muka dg air putih dingin
Membasahi muka/kepala dengan air dingin adalah cara yang sudah dikenal lama dan terbukti efektif untuk menghilangkan kantuk dan meningkatkan kesegaran

7. Membuka jendela
Membuka jendela membantu untuk mengganti udara yang ada di dalam mobil dengan udara luar yang lebih segar. Tiupan angin yang kencang dimuka juga dapat menghilangkan kantuk yang menyerang dengan tiba tiba.

8. Mengaktifkan tangan/jari
Cara lain yang dapat dilakukan untuk merangsang otak tidak kantuk adalah dengan mengaktifkan tangan misalnya dengan membuka menutup jendela, mengoper gigi transmisi, menyalakan mematikan lampu, menyalakan tips mobil, mengganti chanel radio dll. Namun yang perlu diingat aktifitas sambilan ini harus tidak boleh memecah konsentrasi utama. Semoga bermanfaat.

Dipersembahkan oleh : Suplier Farmasi Indonesia

 
Leave a comment

Posted by on December 28, 2015 in JALAN JALAN

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: