RSS

Kesalahan Kesalahan dalam Melakukan Investigasi

22 Apr

Presentation1Beberapa kesalahan dalam melakukan investigasi adalah :

  1. Terlalu cepat mengambil kesimpulan, kesimpulan hanya diambil dari “sepotong kepingan puzzle” yang bahkan kadang kadang belum diverifikasi kebenarannya. Orang kadang tidak menyadari akan hal ini, bahkan sering dianggap hebat karena bisa melakukan investigasi secara cepat. Namun kesimpulan yang salah arah ini mengakibatkan tindakan perbaikan dan pencegahan yang kurang efektif, karena akar permasalahan yang sebenarnya belum tersentuh.
  2. Tidak melakukan verifikasi terhadap kebenaran kepingan puzzle. Oleh karena itu setiap informasi yang kita terima kemudian diuji kebenarannya. Hanya informasi yang lulus uji inilah yang kita jadikan dasar untuk mengambil kesimpulan. Namun perlu diingatkan pembatasan ini jangan sampai menghalangi proses penggalian informasi. Pada tahap penggalian informasi maka catatlah semua informasi yang masuk tanpa terkecuali, galilah dari semua sumber yang terkait baik langsung maupun tidak langsung. Baru setelah melewati tahap ini dilakukan brain stroming dengan team ahli untuk menguji kebenaran informasi.
  3. Tidak dilakukan identifikasi masalah secara jelas sehingga investigasi tidak jelas tujuannya. Akibatnya menghasilkan kesimpulan yang tidak jelas pula. Akhirnya CAPA-nya menjadi kurang efektif, dan problem yang sama terulang kembali.
  4. Tidak ada pembatasan ruang lingkup investigasi. Sesudah melakukan identifikasi masalah dan menetapkan tujuan investigasi maka ruang lingkup investigasi harus ditetapkan supaya jelas batasannya. Hal ini untuk memudahkan dalam pelaksanaan invesigasi, lebih focus ke target investigasi, lebih sistematis serta menetapkan batas tanggung jawab dari team investigasi. Bila perlu kita juga harus menyebutkan hal hal yang mungkin sebenarnya terkait namun karena kondisi tertentu tidak memungkinkan dimasukan kedalam cakupan investigasi.
  5. Penggalian akar permasalahan kurang dalam. Kadang kala sebuah investigasi yang dilakukan arahnya sudah benar dan namun belum menyentuh ke akar permasalahan. Hal ini antara lain bisa disebabkan karena kurangnya informasi atau teknik pencarian informasi yang kurang efektif. Sekali lagi harus disadari bahwa dalam mengawali sebuah investigasi hendaklah investigator jangan membawa prasangka dikepalanya, bersifat netral dan terbuka. Biarkanlah semua informasi masuk sebanyak banyaknya, carilah dari semua sumber yang mungkin bias diakses, namun jangan mudah terpancing oleh informan informan yang akan berusaha mempengaruhi opini.

 

 
Leave a comment

Posted by on April 22, 2016 in AVIATION, BISNIS, FARMASI, MANAGEMEN

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: