RSS

Sistem Manajemen Produksi Farmasi yang Handal

Tak dipungkiri bahwa bisnis farmasi saat ini masih menunjukkan perumbuhan yang menggembirakan, setidaknya selama 5 tahun kedepan bisnis disektor ini masih cukup menjanjikan. Karena siapa pun tahu semua orang membutuhkan obat obatan. Mulai dari bayi sampai orang tua, mulai dari bangun pagi pagi sampai tidur malam membutuhkan produk produk Farmasi. Sering dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, maka kebutuhan akan produk farmasi juga terus meningkat.

Namun sama halnya dengan sektor lain, sector ini juga ditandai dengan tingkat persaingan yang sangat tajam. Data terakhir menunjukkan ada sekitar 276 Industri Farmasi  yang ikut mengambil bagian dalam persingan ini. Beberapa perusahaan PMDN seperti PT Kalbe Farma, PT Sanbe Farma dan PT Dexamedica memang terlihat sudah beberapa periode mendominasi pasar, namun indutri lain sedang gencar untuk meruntuhkan dominasi tersebut. Ditambah lagi beberapa perusaan asing yang memang sudah sejak lama berkiprah di pasar Indonesia seperti PT Pfizer, PT Glaxo Smith Klein, PT Otsuka  dan masih ada beberapa lainnya. Ini semua menunjukkan tingkat persaingan yang cukup sengit.

Ketangkasan adu strategi pemasaran dan system supply chain menyebabkan beberapa perusahaan unggul dipasaran sehingga mendapatkan market share yang cukup besar. Namun dilain pihak, system produksi yang handal harus dikembangkan agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas tinggi disatu sisi namun tetap mempunyai daya saing yang tinggi disisi yang lain. Perubahan perubahan yang sangat cepat dari sisi regulasi adalah tantangan tersendiri dalam bisnis di sektor ini, menuntut kesiapan dari semua komponen pelaku bisnis ini mulai dari hulu yaitu bagian manufatur, sampai ke  hilirnya yaitu bagian  sales & Marketing.

Tantangan dari proses manufatur adalah kemampuan untuk mensuply produk yang berkualitas tnggi denga biaya yang seefisien mungkin sehingga mempunyai tingkat daya saing yang tinggi. Proses manufatur di industry Farmasi harus dikembangkan sehingga bersifat handal terhadap kondisi kondisi eksternal yang selalu berubah dengan cepat. Sistem regulasi yang selalu berubah baik yang berkaitan dengan produk, bahan baku, maupun system produksinya harus diantisipasi dengan baik jika tidak ingin tertinggal oleh para pesingnya.

Beberapa hal yang perlu dikembangkan untuk meciptakan system produksi yang handal antara lain :

 

Pemenuhan Terhadap Regulasi

Bisnis farmasi adalah bisnis yang tergolong unik, sangat berbeda dengan bisnis disektor lain.  Bisnis ini dicirikan dengan ketatnya regulasi yang mengatur kegiatan bisnis ini mulai dari pengadaan bahan baku, proses produksinya, fasilitas produksinya, hingga ke system distribusinya. Peraturan ini ada yang sudah lahir sejak jaman Belanda hingga peraturan yang baru keluar dalam beberapa tahun belakangan.

Dampak dari regulasi ini ada yang relative kecil tetapi ada pula yang berdampak sangat besar bahkan ada yang memerlukan investasi yang sangat besar, misalnya peraturan tentang CPOB yang tentunya untuk dapat melaksanakannya diperlukan investasi yang cukup besar.

Pemenuhan ini bersifat wajib, karena jika suatu perusahaan tidak dapat memenuhi pastilah akan terkena sangsi bahkan dapat dicabut ijin produksiya.  Regulasi ini tidak statis, melainkan akan terus berkembang mengikuti perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi. Disinilah dibutuhkan kemampuan yang tinggi dari para CEO untuk dapat meilhat secepatnya setiap perubahan regulasi dan mengambil langkah langkah antisipasi yang tepat untk menjamin kelangsungan bsinisnya.

Riset

Perusahaan yang Berbasis Riset

Setiap produk ada masa dimana sedang menjadi trend pasar, yang biasanya akan melahirkan banyak produk me too. Selanjutnya pasar akan jenuh yang dicirikan dengan tidak terjadi pertumbuhan pasar lagi, akhirnya akan turun karena digantikan oleh produk baru.

Aturan ini sebenarnya berlaku umum, tidak unik. Namun untuk produk Farmasi ada catatan tersendiri, karena untuk melahirkan sebuah produk baru mulai dari pengajuan ijin sampai bisa diluncurkan ke pasar memerlukan waktu paling cepat 2 tahun, ukuran  yang tergolong cukup lama untuk dunia bisnis. Untuk bahan obat baru bahkan bisa memakan waktu 10 sampai 20 tahun bahkan lebih.

Namun  inovasi produk baru adalah hal yang wajib dilakukan agar dapat menjawab setiapkebutuhan pasar. Ilmu pengetahuan selalu berkembang, demikian pula kebutuhan pasar akan selalu berkembang. Produk yang lama akan mulai ditinggalkan, atau jika marketnya masih tinggipun competitor yang bermain sudah kelewat banyak, kondisi ini sudah kurang bagus untuk masa depan bisnis. Satu satunya jawaban untuk mengantisipasi adalah kemampuan riset untuk melahirkan produk baru.

Disinilah diperlukan kemampuan yang jeli untuk melihat perkembangan trend produk dipasaran untuk kurun waktu 5 sampai 10 tahun kedepan. Berdasarkan data tersebut kemudian dilakukan riset pengembangan produk baru, disinilah kejelian untuk melihat peluang dan kecepatan dalam melakukan inovasi menjadi keunggulan tersendiri bagi sebuah perusahaan farmasi. Oleh karena itu  biasanya perusahaan perusahaan yang maju menglokasikan anggaran yang sangat besar unuk membiayai bdang risetnya.

Selain itu kegiatan riset juga perlu dilakukan terhadap produk yang sudah ada, dengan tujuan mengembangkan proses produksinya agar tercipta system produksi yang  lebih efisien.

 

Sistem Produksi yang Efisien

System produksi farmasi selain terjamin pemenuhannya terhadap regulasi yang berlaku juga harus dikembangan cara produksi yang efisien. Inti  dari system produksi yang efisien ini adalah menciptakan produk dengan biaya yang serendah mungkin, namun kualitas tetap terjaga serta delivery time yang tepat.

Untuk dapat tercipta system produksi yang efisien diperlukan factor pendukung antara lain :

  1. Tenaga kerja yang qualified dalam jumlah yang memadai
  2. Peralatan dan fasilitas produksi yang efisein sehingga waste bisa diminimalkan
  3. Sistem pengawasan mutu yang terpadu, dan memanfaatkan kemajuan PAT system sehingga waktu tunggu pelulusan produk bisa diminimalkan
  4. Cara produksi yang handal (tervalidasi) sehingga meminimalkan resiko kegagalan dan waste
  5. Perencanaan yang baik dan terintegrasi
  6. Pemanfatan teknologi informasi yang tepat untuk memantau jalannya proses produksi dan pengendalian inventory
  7. Peningkatan efieiensi secara berkelanjutan melaluai berapa tool antara lain : Operational excellence, Total productive maintenance, 5S dsb.

Sistem Pengadaan Starting Material yang Tepat

Khusus di Indonesia saat ini produksi bahan baku farmasi boleh dikatakan masih sangat kecil, sebagian besar masih harus diimport baik dari Negara Eropa maupun Asia. Pada umumnya produk produk Eropa harganya relative lebih mahal jika dibandingkan dengan produk Asia di satu sisi, di sisi lainnya dari segi kualitas produsen Asia juga sudah mulai mampu mengembangkan produksi bahan baku yang kualitasnya cukup bagus. Bahkan beberapa produsen Eropa mulai membangun pabriknya di Asia dalam rangka meningkatkan efisiensi produksinya.

Bahan baku farmasi memegang peranan yang cukup besar dalam menentukan besarnya biaya produksi, sehingga pemilihan bahan baku yang tepat sangat membantu meningkatkan daya saing produk di pasaran. Tak kalah pentingnya adalah jaminan kontinuitas supply bahan baku, karena jika supply sampai terganggu maka bisa menganggu ketersediaan produk di pasaran, jika ini terjadi peluang akan diambil oleh competitor.

Managemen Persediaan yang Baik

Managemen persediaan baik yang menyangkut bahan baku maupun produk jadi harus ditangani dengan baik. Stock yang terlalu tinggi biasanya akan menimbulkan biaya tinggi disatu sisi, sementara stock yang kurang akan menyebabkan terlambatnya supply sehingga berakibat hilangnya peluang.

Inilah keunikan persediaan :

  1. Persediaan tinggi :

–          Biaya tinggi

–          Resiko kehilangan

–          Resiko kerusakan atau kadaluarsa

–          Biaya penyimpanan

–          Supply bisa lebih cepat karena tidk perlu menunggu proses produksi

–          Tidak sesuai permintaan pasar karena trend sudah berubah

  1. Persediaan Rendah

–          Biaya relative kecil

–          Resiko kehilangan kecil

–          Resiko rusak atau kadaluarsa lebih kecil

–          Biaya penyimpanan kecil

–          Ada kemungkinan keterlambatan supply karena harus menunggu proses produksi

Kemampuan Supply yang Cepat

Kecepatan supply agar produk dapat segera tersedia di pasaran juga sangat penting. Seperti di maklumi bahwa kondisi geografis Negara Indonesia yang terdiri dari pulau pulau menjadi tantangan tersendiri dalam kegiatan supply chain. Supply chain yang baik akan menjamin ketersediaan produk dipasaran di waktu yang tepat dan dengan biaya yang seefisien mungkin.

Kecepatan supply sangat dipengaruhi oleh jaringan distribusi yang memadai yang didukung oleh system perencanaan yang baik, sytem pergudangan yang baik dan system inventory yang baik, fasiltas transportasi yang memadai serta tenaga yang terlatih.

Yang perlu diperhatikan adalah banyak produk produk farmasi yang selama dalam penyimpanan dan selama distribusinya memerlukan kondisi khusus misalnya diperlukan tempat penyimpanan yang mempunyai suhu rendah. Ada juga beberapa produk yang mempunyai lifet time singkat, sehingga harus segera sampai ditangan pemakai.

Pembuatan Rencana Strategis Jangka Panjang

Ini adalah tugas daripara CEO dan stake holder, untuk membuat Visi misi perusahaan sekaligus untuk menyediakan road map dalam mencapai tujuan jangka panjangnya.  Hal ini sangat penting Karena terkait dengan perkembangan system regulasi yang selau berubah dengan cepat disatu sisi dan kondisi ekonomi makro baik Indonesia maupun global serta perkembangan trend pasar.

Investasi di faslitas produksi memerlukan biaya yang sangat mahal, untuk itu diperlukan perhitungan yang matang agar sejalan dengan visi misi perusahaan. Investasi juga harus disesuaikan dengan trend produk di pasaran, jangan sampai berinvestasi untuk produk yang trend dipasarnya sudah mulai ditinggalkan.

Perencanaan jangka panjang yang baik memungkinkan untuk dapat meluncurkan produk baru dengan lebih cepat dibandingkan dengan kompetitior, sehingga memiliki keungggulan tersendiri dalam melakukan penetrasi pasar bahkan bisa mendominasi pasar.

Semoga bermanfaat. Wassalam.

 

Terkait : Suplier Farmasi Indonesia

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: